Iklan

TK Pertiwi Mengikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

Rabu, 25 Juli 2018, Juli 25, 2018 WIB Last Updated 2018-07-28T13:17:21Z

Banda Aceh-Yayasan Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi Setda Aceh menyambut tim penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional Tahun 2018 beserta rombongan di Aula TK Pertiwi Setda Aceh pada Selasa, 24 Juli di Banda Aceh. TK Pertiwi terpilih menjadi salah satu peserta Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2018 mewakili TK seluruh Aceh, setelah menjadi juara pada tingkat Provinsi Aceh.



Pimpinan Yayasan TK Pertiwi Setda Aceh, Syamsiarni mengatakan telah melakukan peningkatan mutu terhadap sekolah secara terus menerus, tidak hanya semata untuk mendapatkan juara. Oleh karena itu sebagai pengurus yayasan pihaknya kerap memberikan pelatihan-pelatihan kepada guru terkait sekolah sehat.

 “Tujuan kami untuk mutu dan meningkatkan guru-guru, maka selalu diikutkan untuk pelatihan-pelatihan. Menciptakan hubungan antara yayasan dengan guru, dibina dengan baik sehingga yang menilai itu jatuh ke kami. TK Pertiwi ini kebersihan dipantau setiap hari agar sekolah bersih. Untuk mengikuti lomba tingkat nasional ini melibatkan lintas sektoral, “ sebutnya.  

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin Spd MPd, menjelaskan penilaian  untuk sebuah sekolah sehat intinya yang harus terpenuhi adalah usaha kegiatan sekolah, yang  merupakan salah satu program yang wajib sebenarnya.

Menurutnya pengembangan sekolah sehat dapat dilakukan pada setiap lembaga pendidikan, seperti sekolah maupun madrasah. Ditambahkannya LSS bukan program yang baru, namun untuk memotivasi agar sekolah menjadi tempat belajar bagi anak didik yang aman dan nyaman ke tingkat nasional.
  
“Untuk kali ini Aceh tingkat TK diwakili TK Pertiwi Setda Aceh, tingkat SD diwakili SDN 24 Banda Aceh, tingkat SMP diwakili SMPN 3 Aceh Barat,  serta tingkat SMA/SMK diwakili SMKN 1 Aceh Tengah. Keempat sekolah ini berdasarkan tim penilai tingkat  provinsi Tahun 2018 yang terbaik di antara sekolah yang baik, “ paparnya.



Kepala Sekolah TK Pertiwi Setda Aceh Fitriani SPd mengatakan setelah terpilih mewakili ke tingkat nasional, pihaknya  lebih bergiat dan berbenah lagi untuk mempersiapkan lomba sekolah sehat ini. Ditambahkannya sekolah juga melakukan kerjasama di lintas sektor, misalnya penyuluhan dari Badan POM dan dari PMI, untuk melatih guru-guru pembina UKS.

“Sebenarnya upaya kita tidak hanya mengikuti lomba UKS saja, memang sekolah sehat itu setiap mengikuti lomba kita sekolah harus bersih, menjaga makanan sehat dan keamanannya juga salah satu program yang ada di TK pertiwi, terwujudnya visi misi UKS TK Pertiwi, inikah sekolah sehat dan berkarakter. Saat ini TK Pertiwi menampung 300 murid dengan 12 ruang kelas dan 26 guru, kelebihan TK ini memiliki kelas orang tua (parenting) yang melakukan pertemuan setiap sabtu, “ demikian ujar Fitriani.

Soraya

Komentar

Tampilkan

Terkini