Ads (728x90)


Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyerahkan secara simbolis bantuan sosial berupa 8.500 Paket Sembako bagi masyarakat kurang mampu, di Halaman Balai Kota pada Selasa, 21 April 2020.

Paket Sembako yang bersumber dari dana realokasi dan recofussing APBK Banda Aceh 2020 untuk penanganan pandemi Covid-19 terdiri terdiri dari 10 Kg beras, 1 papan atau 30 butir telur, 1 Kg minyak goreng, dan 1 Kg gula pasir.

Di tempat yang sama, Wali Kota Aminullah didampingi wakilnya Zainal Arifin juga meluncurkan kartu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Gemilang bagi 100 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bantuan itu diberikan selama satu tahun, setiap KPM akan menerima Rp 110 ribu per bulannya.

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar beserta sejumlah anggota dewan, Kapolresta Trisno Riyanto, Dandim 0101/BS Hasandi Lubis, Kajari Erwin Desman, dan unsur Forkopimda Banda Aceh lainnya.

Menurut Aminullah, bantuan tersebut diberikan untuk membantu warga kota dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 sekaligus menyambut Ramadan 1441 Hijriah. “Ini bentuk komitmen Pemko dan DPRK Banda Aceh untuk membantu masyarakat di tengah pandemi Corona, " ucapnya.

"Selain bantuan dari APBK, Pemko Banda Aceh juga telah, sedang, dan akan menyalurkan beberapa bantuan yang bersumber dari APBN dan APBA. Di antaranya 3.229 paket sembako dari Pemerintah Aceh, dan ribuan bantuan dari pemerintah pusat seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan juga sembako,” urainya.

Adapun total paket bantuan yang sudah tersalurkan semasa Covid-19 berjumlah 17.688, yang dananya bersumber dari APBK, APBA, dan APBN.

“Di samping itu, Pemko juga telah menyalurkan bantuan zakat kepada 6.653 penerima yaitu fakir, miskin, dan tua uzur sebesar Rp 4,9 miliar. Bantuan disabilitas kepada 192 penerima Rp 768 juta dan berbagai bantuan lainnya juga sudah kita salurkan, " tutur Walikota.

Ia pun mewanti-wanti agar dinas terkait memastikan semua penyaluran bantuan alokasi April 2020 harus rampung sebelum Ramadan. “Saat ini semua sedang susah, jangan sampai ada warga kita yang kurang mampu yang tidak mendapatkan bantuan,” ujarnya lagi.

Tak ketinggalan, Aminullah mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota dewan dan Forkopimda atas perhatian dan usahanya dalam upaya pencegahan Covid-19. “Insya Allah jika semua warga patuh pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, maka Banda Aceh akan jauh dari Corona,” harapnya.

“Saya tidak akan pernah bosan-bosannya menyerukan agar semua warga selalu memakai masker, biasakan mencuci tangan, dan menjaga jarak. Kalau berbelanja antrilah dengan tertib dan tidak berkerumun, atau lebih baik berbelanja secara online saja,” demikian himbauan Aminullah.

Red


Posting Komentar