Iklan

Ditlantas Polda Aceh Gelar Rakor Antar Forum Lalu Lintas 2021

Rabu, 20 Januari 2021, Januari 20, 2021 WIB Last Updated 2021-01-20T13:59:51Z




Banda Aceh - Dalam rangka menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalulintas di Aceh, Dirlantas Polda Aceh menyelenggarakan Rapat Koordinasi Forum Lalu Lintas  Aceh yang di Ruang Rapat Ditlantas Polda Aceh, Rabu (20/1).


Demikian keterangan Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani SIK MH, dalam siaran tertulisnya kepada media ini di Banda Aceh, pada Rabu (20/1).


Ditambahkannya peserta  Rakor Forum Lalulintas Aceh meliputi : Dirlantas Aceh, Kepala Balai Jalan Nasional Aceh, Kepala Badan Transportasi Darat Wilayah Aceh, Jasa Raharja, Kadis PUPR Provinsi Aceh, Kadishub Provinsi Aceh, Organda, Kadis Diknas Provinsi Aceh, Kasat Lantas Polresta Banda Aceh, Kadishub Kabupaten/Kota, Kadis PU Kabupaten/Kota, Dandenpom Iskandar Muda, Kasat Lantas Aceh Besar. 


Dalam Rakor tersebut, dijelaskan oleh Dirlantas Polda Aceh bahwa tren laka lantas mengalami penurunan 26 % pada tahun 2020 bila dibandingkan tahun 2019. Namun, angka korban laka lantas yang meninggal dunia di Aceh masih cukup tinggi terutama di usia 16-25 tahun, sehingga Ditlantas Polda Aceh mempunyai rencana program Aceh Zero Traffic Accident 2021, lanjutnya.


Kepala BPTD 1 Aceh Mulyahadi sangat mendukung program Ditlantas Polda Aceh, dengan  meningkatkan peran jembatan timbang yang akan menindak pelanggaran over dimensi dan over load


Kepala Dinas Pendidikan Aceh mendukung program Aceh Zero Traffic Accident 2021, dengan target penurunan laka lantas di kalangan pelajar. Diknas Provinsi Aceh akan menginstruksikan kepada kepala sekolah SMA, agar menerapkan disiplin berlalulintas dengan mewajibkan helm bagi siswa yang membawa sepeda motor ke sekolah.


Sementara itu, Vera dari Dari Balai Jalan Nasional mengatakan akan meningkatkan sarana jalan seperti marka, dan rambu-rambu jalan dalam mendukung program Aceh Zero Traffic Accident 2021.


Dari Dealer Honda Capella Syaiful menyebutkan, pihaknya memberikan pelatihan safety riding kepada pelajar SMA dalam meningkatkan ketrampilan mengemudi sepeda motor, sehingga angka laka lantas di kalangan pelajar dapat berkurang 


Ketua Organda Aceh menyampaikan perlu pengawasan terhadap supir angkutan umum, sehingga angka lantas angkutan umum dapat dikurangi.


Dari Rakor Forum Lalulintas Aceh tersebut,  dapat disimpulkan bahwa semua pihak mendukung penurunan angka kecelakaan lalulintas di Aceh dan akan di Launching Program Aceh Zero Traffic Accident 2021 secepatnya.


Red

Komentar

Tampilkan

Terkini