Iklan

Gampong Peuniti Adakan Bazar UMKM dan Jajanan Kuliner

Jumat, 05 Februari 2021, Februari 05, 2021 WIB Last Updated 2021-02-05T01:42:46Z





Banda Aceh - Gampong Peuniti bersama Komunitas UMKM Peuniti menyelenggarakan Bazaar UMKM dan Jajanan Kuliner di Pasar Pagi Gampong  Peuniti Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh selama 3 hari, yakni 3-5 Februari 2021.


Kegiatan bertema "Pengembangan Ekonomi Digital Bagi Pelaku Usaha Mikro Melalui Penguatan UMKM di Tingkat Gampong", tersebut menampilkan berbagai produk andalan UMKM dari Gampong Peuniti, dan dibuka oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman.


Dijumpai media ini pada Kamis (4/02), Keuchik Peuniti Kamaruddin Latief mengatakan Bazaar ini menjadi suatu wadah UMKM Gampong Peuniti yang persiapannya tidak lama kurang lebih 1 bulan, perangkat gampong mengupayakan adanya event ini,  dengan harapan bisa menjadi pilot project di Gampong Peuniti, dan akan menjadi contoh untuk gampong yang lain. 


"Kami sangat puas dan bangga dengan adanya event ini yang dibuka oleh Walikota, dan kami juga didukung oleh sejumlah sponsor. Di Gampong Peuniti ini memiliki 5 jurong, yang baru terlaksana hanya 1 jurong karena baru 1 jurong yang kreatif yaitu UMKM Jurong Tengku Fakinah, " paparnya.




"Saat ini kita lihat selama pandemi Covid-19 ekonomi di Gampong Peuniti khususnya, sudah drop dalam artian minus. Usaha apapun yang dikembangkan oleh ibu rumah tangga, personal ataupun per grup itu sangat jauh, jika dibandingkan dengan keadaan sebelum pandemi Covid-19. Terus muncul ide dari ketua UMKM maka keluarlah gebrakan untuk mengajak keuchik, perangkat gampong dan kecamatan untuk membuat event perlombaan seperti ini, membuat bazar dan jajanan kuliner, " demikian jelasnya.

   

Sementara itu, Ketua Panitia Wahyu Virga Wangsa mengatakan produk UMKM Gampong Peuniti berpotensi besar untuk dipasarkan, namun selama ini pemasaran masih dilakukan secara mandiri, belum terpusat.


"Rencana kegiatan ini sudah ada sejak akhir Desember lalu. Peserta yang ikut ada 80 pelaku UMKM dari Gampong Peuniti, dan ditambah dengan UMKM lain. Umumnya merupakan produk kuliner dan produk kerajinan. Selain itu supaya meriah juga ada lomba mewarnai, lomba inovasi kreasi Timphan " ujar Wahyu yang juga Direktur BUMG Peuniti Sejahtera.

 

Ditambahkannya, dengan acara ini kedepan pelaku UMKM Gampong Peuniti bisa terbiasa melakukan pemasaran secara berkelompok, kemudian juga dipadukan dengan kegiatan promosi.


Soraya

Komentar

Tampilkan

Terkini