Iklan

Kakanwil Buka Rakor Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah, Ini Harapannya

Rabu, 07 April 2021, April 07, 2021 WIB Last Updated 2021-04-07T07:45:01Z




Banda Aceh - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg membuka kegiatan Rapat Koordinasi Daerah I Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah Provinsi Aceh, Selasa 6 April 2021.


Kegiatan yang dilakukan secara daring tersebut diikuti para pemangku madrasah dan sekolah, pihak Kemenag, Dinas Pendidikan dan beberapa unsur terkait.


Pembukaan turut dihadiri Ketua BAN SM Aceh, Dr Makmun, mewakili Kadis, Pendidikan Aceh, MPA dan LPMP.


Kakanwil mengapresiasi terlaksananya kegiatan Rakor demi kepentingan pendidikan di Aceh.


Menurutnya, melalui rakor dan temu bersama mudah-mudahan akan dapat melahirkan berbagai rekomendasi, yang akan memberikan perubahan terhadap pendidikan generasi masa depan.


Ia juga menjelaskan tentang tujuan pendidikan nasional untuk mengembangkan peserta didik untuk menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.


Ia mengharapkan antara madrasah dan sekolah untuk selalu bersinergi.


“Kita tidak membedakan antara pendidikan di madrasah dengan sekolah, karenanya melalui kesempatan ini kami berharap, semua elemen dapat saling berkoordinasi dan membangun komunikasi yang baik, untuk memikirkan pendidikan dan mewujudkan Aceh Hebat,” katanya.


Iqbal mengharapkan kalangan pendidik atau para guru untuk terus mengembangkan diri, kreatif dan inovatif, tidak ketinggalan zaman.


“Ditengah masa disrupsi, kita harus siap menghadapi segala tantangan zaman, tidak dilindas masa dan memanfaatkan IT dengan sebaik mungkin. Jadi media-media sosial itu dapat dipergunakan untuk membantu kita dalam proses pembelajaran,” ungkapnya.


Dikatakannya, fungsi guru pada era digital berbeda dengan masa lalu, sebab itu tantangan yang dihadapi juga berbeda. Fungsi guru juga bergeser untuk membina nilai-nilai, norma dan etika kepada anak didik.


Sementara Ketua BAN Sekolah/Madrasah Provinsi Aceh, Dr Makmun Ibrahim MM mengatakan rakor dilakukan secara daring selama dua hari sejak 6 – 7 April 2021.


Kami berharap melalui rakor ini kembali dapat menyamakan persepsi dan menyatukan visi guna mewujudkan pendidikan yang lebih baik.


Makmun mengatakan juga akan membahas teknis dan pola-pola dalam proses belajar mengajar dan kebijakan bersama terhadap pembelajaran di masa Pandemi Covid-19. 


Red

Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+