Peternak Tidak Tahu Bulu Domba Bahan Utama Produksi Kain Wol

Minggu, 27 Juni 2021, Juni 27, 2021 WIB Last Updated 2021-06-27T11:23:43Z

 


https://youtu.be/pF4bNXraN1U





Banda Aceh-Budidaya domba di Aceh memiliki kapasitas yang sangat besar, domba terlihat diberbagai lokasi, mulai perkampungan penduduk hingga kawasan pegunungan, terkadang hewan berbulu tebal itu terlihat memungut makanan dipinggir jalan.

 

Domba di Aceh dibudidaya masih sebatas untuk kebutuhan komsumsi, belum diambil bulunya sebagai bahan utama kain wol, bahkan para peternak domba di Aceh sama sekali belum mengetahui bila bulu domba ini sangat berharga.

 https://youtu.be/gIEC2zIWsiQ


Mereka mengaku tidak tahu, budidaya domba dilakukan untuk menambah penghasilan, biasanya dijual untuk kebutuhan qurban pada hari raya Idul Adha, kata seorang peternak.

 

Domba secara umum diketahui memiliki bulu yang sangat tebal sebagai bahan dasar produksi kain wol, di wilayah Mongolia dan umumnya Asia Tengah, bulu domba ditenun secara tradisional untuk pakai dimusim dingin.

https://youtu.be/XSLHDCUpnlM


 

Masyarakat Eropa dan Amerika melakukan budidaya domba secara massal untuk memenuhi produksi kain wol di negara mereka,  wol adalah produks tekstil yang biasanya dipakai pada musim dingin, karenanya pakaian yang diproduksi dari bahan wol ini memiliki harga yang sangat tinggi.

 

Tarmizi Alhagu.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+