Iklan

Melirik Nagan Raya Lumbung Ekonomi di Barat Aceh

Senin, 28 Maret 2022, Maret 28, 2022 WIB Last Updated 2022-03-28T05:38:54Z


Drs. H.Asib
  Amin
 



Banda Aceh- Kabupaten Nagan Raya adalah sebuah wilayah  di pesisir barat Aceh yang memiliki kawasan pertanian dan perkebunan sangat luas, memiliki perekonomian relatif stabil dengan tingkat pengangguran yang minim.

 

Menurut seorang tokoh Nagan  Raya  Drs. H.Asib  Amin yang kini duduk di DPR Aceh, negerinya memang sangat cocok untuk perkebunan dan pertanian, luas sawahnya melebihi untuk komsumsi warga Nagan, kemana-mana bila dilihat sepanjang mata memandang adalah bentangan hamparan sawah.

 

Negeri makmur itu juga memiliki perkebunan kelapa sawit,  setidaknya ada 10 PKS besar disana, selebihnya perkebunan rakyat, luasnya perkebunan menjadi faktor utama membaiknya ekonomi Nagan Raya, kata Asip Amin.

 

“Asal mau bekerja, pendapatan Rp.200  ribu sudah bisa didapatkan di Nagan Raya, yang jelas orang Nagan sekarang memiliki pekerjaan, tidak ada yang menganggur, Nagan adalah tempatnya perkebunan dan pertanian.”

 

Sebuah tambang batu bara juga terdapat di Nagan yang dioperasionalkan oleh PT.Mifa Bersaudara,  dengan  sumber ekonomi seperti itu menjadikan Nagan Raya sebagai  wilayah yang memiliki pertumbuhan perdagangan  yang sangat baik di Aceh, kata Asib.

 

Asib berharap pemerintah dapat membangun irigasi yang lebih baik di Nagan, untuk memenuhi kebutuhan air persawahan disana, dengan luas lahan sawah di Nagan saat ini, belum semua sawah memiliki sumber air yang cukup, kata dia.

 

Terkait akan berakhirnya masa jabatan Bupati Nagan Raya sekarang, Asib Amin berharap akan ditempatkan seorang pejabat yang memahami karakteristik Nagan Raya, dan bersikap netral saat berlangsungnya Pilkada tahun 2024 nantinya.

 

“Sudah pasti pejabat Bupati yang ditunjuk oleh pemerintah bukan orang sembarangan,  sudah pasti orang pilihan yang bisa memajukan wilayah Nagan Raya.”

 

 

Tarmizi Alhagu

Komentar

Tampilkan

Terkini