Traveling Ala Pejabat Perkebunan Aceh

Selasa, 16 Mei 2023, Mei 16, 2023 WIB Last Updated 2023-05-17T09:34:42Z

 




Pejabat Perkebunan Aceh Di kebun kakao


Banda Aceh - Ada sebuah kisah lucu antara seorang petani Kakao dengan pejabat Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh.  Kala itu seorang pejabat di UPTD Perkebunan Aceh mendapat perintah dari Kadis Pertanian dan Perkebunan Aceh Ir Cut Huzaimah.

 

Perintah itu diterima oleh Kasi Proteksi Perkebunan Intan Suryana  Sp, untuk mendatangi Desa Teladan. Sebuah kawasan desa di pundak Gunung Seulawah. Kala itu bertepatan seorang petani kakao telah menebang batang kakao karena kecewa dengan serangan hama.

 

Petani itu bernama Sakdani, menebang habis batang kakao di kebun belakang rumahnya. Akibat serangan hama yang membuat buah kakao membusuk,  lelaki itu memiliki tiga kebun yang semuanya ditanami tanaman kakao.

 

Kebun Kakao Sakdani Yang Diserang Hama
https://youtu.be/XvWeBFCzLU4

Secara keseluruhan Sakdani memiliki kebun seluas hampir 10 hektar, mayoritas ditanami kakao.

 

Hari itu Intan Suryana membawa rombongan dengan dua mobil, untuk melihat kebun Sakdani. Dia juga ingin berjumpa dengan Sakdani.

 

Sebagai pejabat dari propinsi, Intan ditemani oleh Kepala Desa Teladan. Maka rombongan Intan diajak traveling mengelilingi kebun di Desa Teladan, kunjungan itu juga singgah di kebun Sakdani.

 

Pemilik kebun yang dikunjungi ternyata sedang asyik ngopi di warung. Sakdani sama sekali tidak mengetahui ada pejabat perkebunan dari tingkat Propinsi masuk kebunnya. Informasi itu justru dia dapat dari temannya sesama petani.

 

Berselisih jalan dalam pertemuan itu membuat Sakdani sangat kecewa, karena pejabat perkebunan, tidak berbuat apa-apa terhadap kebunnya yang diserang hama. Sampai kinipun setelah kunjungan itu, kebun Sakdani tidak memperoleh bantuan pembasmi hama untuk tanaman kakao.

 

Pejabat perkebunan juga sudah kembali ke kantornya, setelah puas traveling ke kebun Desa Teladan yang berhawa sejuk. Mereka tidak memberi solusi apapun untuk kebun kakao Sakdani.

 

Tarmizi Alhagu

Komentar

Tampilkan

Terkini