Masih Gelap Subuh Warga Sudah Antri Sembako Pasar Murah

Selasa, 12 September 2023, September 12, 2023 WIB Last Updated 2023-09-14T06:39:48Z
Atrian Pembelian Sembako
https://www.youtube.com/shorts/K9k7M4cao4Q?feature=share


Banda Aceh - Dingin masih saja menusuk, orang-orang baru pulang dari mesjid usai shalat subuh. Tapi pada sebuah persimpangan penuh sesak  oleh kendaraan, jejeran sepeda motor diparkir hampir mengambil sepertiga badan jalan, tepat di belakang Pendopo Gubernur Aceh.

 

Di depannya pada sebuah gedung Kantor Camat Baiturrahman sudah terlihat antrian panjang berlapis. Mayoritas wanita paruh baya,  mereka berdiri berbaris ke arah timur, tidak tampak kemana objek yang dituju barisan itu.


 https://www.youtube.com/shorts/uEiRf4R_5FA?feature=share


Dari kejauhan hanya tampak atap sebuah tenda dalam keremangan. Bagian bawahnya  terhalang pandangan oleh panjangnya barisan mak-mak. Di sanalah rupanya ibu-ibu rumah tangga itu sedang mengantri sembako.

 

Pasar murah yang diadakan di depan Kantor Camat Baiturrahman,  mungkin  yang menjadi magnit kehadiran para wanita kesana.  Mereka berupaya membeli beras, minyak goreng dan telur  di keremangan subuh.

 

“Harga beras satu sak sekarang sudah 190 ribu pak,” ujar seorang wanita paruh baya sambil menggeleng kepala. Dari pasar murah dia berhasil membeli 2 kg minyak goreng, katanya.

 

Kondisi ekonomi Banda Aceh kini dalam masa-masa paling buruk, para pedagang tidak berhasil menjual dagangannya pada tingkat yang wajar. Terkadang  penjualan sebuah toko hanya Rp 90 ribu/hari, padahal untuk menyewa toko, mereka mengeluarkan kocek Rp. 100 juta/ tahun.

 

Sejumlah pedagang souvenir di pasar Peunayong dan Pasar Aceh,  mengaku  sangat ketergantungan pada turis. Tanpa kehadiran turis, dagangan mereka tidak laku. Akibatnya diantara pedagang ada yang tidak membayar barang,  yang sudah dipasok ke toko mereka oleh produsen dari UMKM.

 

Tarmizi Alhagu


Komentar

Tampilkan

Terkini