Iklan

Libur Panjang Tahun Baru, Arus Balik Padat

Minggu, 03 Januari 2021, Januari 03, 2021 WIB Last Updated 2021-01-03T09:22:04Z




Banda Aceh - Di Terminal Bus Batoh Banda Aceh tampak  kenaikan jumlah penumpang bus yang signifikan dengan tujuan Medan pada malam Minggu. Begitu juga pada Minggu pagi, tampak terjadi lonjakan  penumpang dari Medan.


Demikian ungkap Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani SIK MH melalui siaran persnya yang diterima media ini pada Minggu  (03/01).


"Ini menunjukkan masyarakat Aceh maupun masyarakat luar Aceh berangsur-angsur kembali dari libur panjang, mengingat Senin besok sudah masuk kerja, " katanya.


Demikian juga kendaraan pribadi maupun sepeda motor ke Medan, atau balik ke arah Banda Aceh cukup padat pada hari Minggu pagi, lanjutnya.


'Diperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada Minggu siang, hingga Senin pagi. Diperkirakan arus balik akan mengalami puncak pada hari Minggu siang dan Minggu malam, " ucapnya.


Ditambahkannya, Dirlantas Polda Aceh menghimbau kepada masyarakat agar mengantisipasi gangguan selama perjalanan seperti kecelakaan lalulintas, kemacetan dan pelanggaran lalulintas, penyebab laka lantas yang terbanyak di Aceh adalah kecepatan tinggi, faktor kendaraan, jalanan rusak, cuaca hujan dan mengantuk karena kelelahan mengemudi. 


'Apabila mengantuk pengemudi kendaraan bermotor wajib istirahat supaya tidak terjadi kecelakaan lalulintas. Cek dulu kendaraan sebelum perjalanan jauh, terutama rem dan ban, " ujarnya.


Dijelaskannya, untuk mengatasi gangguan kamseltibcarlantas saat arus balik, Polda Aceh dan jajaran meningkatkan patroli, penjagaan dan pengaturan lalulintas dengan melibatkan Sabhara, Satlantas, Brimob, TNI, Dishub, Dinas Kesehatan dan Sat Pol PP.


"Kepada masyarakat Aceh yang pulang dari Medan, apabila mengalami gejala seperti kena Covid 19, agar lakukan uji Swab terlebih dulu supaya jelas sakitnya. Apabila positif lakukan isolasi diri atau berobat ke RS, jangan kembali kerja supaya tidak menularkan kepada orang lain, " demikian pungkasnya. 


Red

Komentar

Tampilkan

Terkini