Iklan

Abdya Kembangkan Sekolah Pertanian

Selasa, 30 Maret 2021, Maret 30, 2021 WIB Last Updated 2021-03-30T10:34:53Z

Abdya – Sesuai dengan potensi daerah, SMKN 5 Aceh Barat Daya (Abdya) akan dikembangkan sebagai sekolah vokasi dengan keunggulan bidang pertanian. Langkah ke arah itu sedang dilakukan dengan dukungan berbagai lembaga mitra termasuk Pemerintah kabupaten

Apa yang sedang dikembangkan oleh SMKN 5 di bawah kepemimpinan kepala sekolah Irma Suryani adalah menjawab tuntutan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK. Regulasi ini, antara lain, menggariskan bahwa pengembangan SMK unggulan dilakukan sesuai dengan potensi wilayah.






Kepala SMKN 5 Abdya  Irma Suryani menjelaskan, sekolah yang terletak di Desa Alue Peunawa Kecamatan Babahrot itu memiliki tiga program keahlian, yaitu (1) Agribisnis dan Tanaman Holtikultura, (2) Teknik Pengelasan, dan (3) Rekayasa Perangkat Lunak.

Selaras dengan potensi Abdya sebagai wilayah pertanian, dikatakan, daerah ini membutuhkan tenaga skill menengah yang berwawasan progresif dan inovatif untuk menunjang kesuksesan program pengembangan sektor agribisnis daerah itu.

Dia mengaku telah merintis kerja sama dengan pihak lain seperti SMK PP Saree Aceh Besar untuk mengembangkan program, seperti menciptakan varietas unggul, pembuatan pupuk organik, dan penanganan produksi pasca-panen.

Sebagai salah satu terobosan, SMKN 5 mengundang Bupati Abdya Akmal Ibrahim untuk memberi pelatihan teknis tentang tata cara membuat pupuk organik kepada siswa. Kenapa bupati dipilih untuk berbicara tentang pupuk, menurut Irma, karena mantan wartawan yang sangat intens menggeluti pertanian itu telah berhasil memproduksi pupuk sendiri dengan kualitas yang lebih baik dibanding pupuk kimia yang beredar di pasaran.

Dikatakan, Bupati Akmal akan hadir ke SMKN 5 Abdya pada hari Rabu 10 Maret 2021, besok. Selain berbagi ilmu tentang tata cara meracik pupuk, kehadiran bupati ke sekolah itu juga dimanfaatkan untuk memberi motivasi kepada siswa, bahwa sektor pertanian adalah bidang pekerjaan yang sangat menjanjikan masa depan.

 

Red



Komentar

Tampilkan

Terkini