Berber Suku Afrika Yang Misterinya Ditutupi

Selasa, 05 Oktober 2021, Oktober 05, 2021 WIB Last Updated 2021-10-05T13:26:04Z

 Itu Berber (Imazighen, tunggal Luar biasaadalah kelompok etnis asli Afrika Barat Laut, yang berbicara dalam bahasa Berber dari keluarga Afroasiatik. Mereka adalah keturunan populasi pra-Arab Afrika Utara dari perbatasan Mesir ke Atlantik dan dari pantai Mediterania ke Sungai Niger. Awalnya, Berber adalah nama generik yang diberikan kepada banyak kelompok etnis heterogen oleh orang Romawi yang memiliki praktik budaya, politik, dan ekonomi yang serupa. Itu bukan istilah yang berasal dari kelompok itu sendiri.

Terlepas dari kemunculan dua dinasti Berber yang signifikan, namun Almoravids (abad kesebelas) dan Almohad, (abad kedua belas) suku-suku Berber tidak pernah bisa bersatu cukup lama untuk membebaskan diri dari banyak penakluk yang menyerbu tanah mereka. Akibatnya, sejarah Berber hanya bisa diikuti sebagai sejarah suku individu. Beberapa suku kuno ini adalah Gaetulians, Maures, Massyli, Garamantes, Augilae, dan Nasamones.

Sementara Berber distereotipkan sebagai nomaden, dan memang beberapa suku, mayoritasnya adalah petani. Sulit memperkirakan jumlah Berber di dunia saat ini, karena banyak yang tidak mendefinisikan diri mereka sebagai Berber. Namun bahasa Berber dituturkan oleh sekitar 14 hingga 25 juta orang.

Asal

Berber telah tinggal di Afrika Utara selama ribuan tahun dan kehadiran mereka telah dicatat sejak 3000 SM. Orang-orang Yunani, Romawi, dan Mesir kuno telah menunjukkan kehadiran Berber dalam catatan mereka.1 Tidak ada kepastian yang lengkap tentang asal-usul Berber; Namun, berbagai disiplin ilmu menjelaskan masalah ini.

Bukti genetik

Gadis Berber muda di Aljazair, 1888

Secara umum, bukti genetik tampaknya menunjukkan bahwa sebagian besar orang Afrika barat laut (apakah mereka menganggap diri mereka Berber atau Arab) sebagian besar berasal dari Berber, dan bahwa populasi leluhur ke Berber telah berada di daerah tersebut sejak era Paleolitik Atas. Nenek moyang yang dominan secara genetis dari Berber tampaknya berasal dari Afrika Timur, Timur Tengah, atau keduanya - tetapi rinciannya masih belum jelas. Namun, proporsi yang signifikan dari kumpulan gen Berber dan Arab Berber berasal dari migrasi manusia yang lebih baru dari berbagai masyarakat Afrika Italia, Semitik, Jerman, dan sub-Sahara, yang semuanya telah meninggalkan jejak genetik mereka di wilayah tersebut.

Arkeologis

Budaya Neolitik Capsian muncul di Afrika Utara sekitar 9.500 SM. dan bertahan hingga mungkin 2700 SM. Ahli bahasa dan ahli genetika populasi sama-sama telah mengidentifikasi budaya ini sebagai periode yang memungkinkan untuk penyebaran bahasa Afro-Asia (leluhur ke bahasa Berber modern) ke daerah tersebut. Namun, asal mula budaya Capsian tidak jelas secara arkeologis. Beberapa orang menganggap populasi budaya ini hanya sebagai kelanjutan dari budaya Ibero-Maurusian Mesolithic sebelumnya, yang muncul sekitar 22.000 SM, sementara yang lain berpendapat untuk perubahan populasi; pandangan sebelumnya tampaknya didukung oleh bukti gigi. 2

Nama

Secara historis, tidak jelas bagaimana nama "Berber" berevolusi, meskipun seharusnya berasal dari kata "barbar," yang diterapkan oleh orang Romawi kepada banyak orang. Variasi adalah yang Prancis ketika dieja berbere dan bahasa Inggris ketika dieja "Berber."

Karena fakta bahwa Berber disebut "El-Barbar" oleh orang Arab, sangat mungkin bahwa bahasa-bahasa Eropa modern mengadopsinya dari bahasa Arab. Orang-orang Arab tidak menggunakan nama "El-Barbar" sebagai negatif, tidak menyadari asal nama itu; mereka konon menciptakan beberapa mitos atau cerita tentang nama tersebut. Mitos yang paling terkenal menganggap "Barbar" sebagai leluhur Berber. Menurut mitos itu, Berber adalah keturunan Ham, putra Nuh, putra Barbar, putra Tamalla, putra Mazigh, putra Canon ... (Ibn Khaldun / Sejarah Ibnu Khaldun - Bab III).

Fakta bahwa nama "Berber" adalah nama yang aneh bagi Berber menyebabkan kebingungan. Beberapa sumber mengklaim bahwa Berber adalah beberapa kelompok etnis yang tidak saling berhubungan. Itu tidak akurat, karena Berber menyebut diri mereka sebagai Imazighen (tunggal Luar biasa) di Maroko, serta di Libya, Mesir (Siwa) dan daerah lain di Afrika Utara, dan berbicara bahasa Berber Tamazight.3

Tidak hanya asal nama "Berber" tidak jelas, tetapi juga nama "Amazigh." Penjelasan yang paling umum adalah bahwa nama kembali ke periode Mesir ketika orang Mesir Kuno menyebutkan suku Libya kuno yang disebut Meshwesh. Meshwesh dianggap oleh beberapa sarjana sebagai suku Libya kuno yang sama yang disebut sebagai "Maxyans" oleh Sejarawan Yunani Herodotus.

Kedua nama, "Amazigh" dan "Berber," adalah nama yang relatif baru dalam sumber-sumber sejarah, karena nama "Berber" muncul pertama kali dalam sumber-sumber Arab-Islam, dan nama "Amazigh" tidak pernah digunakan dalam sumber-sumber kuno. Tidak kalah penting untuk diingat bahwa Berber dikenal dengan berbagai nama dalam periode yang berbeda.

Referensi pertama tentang Berber Kuno kembali ke periode Mesir yang sangat kuno. Mereka disebutkan pada periode pra-dinasti, pada apa yang disebut "Prasasti Tehenou" yang masih tersimpan di museum Kairo di Mesir. Tablet itu dianggap sebagai sumber tertua di mana Berber disebutkan.

Sumber kedua dikenal sebagai Prasasti Raja Narmer. Tablet ini lebih baru dari sumber pertama, dan menggambarkan Tehenou sebagai tawanan.

Nama tertua kedua adalah Tamahou. Nama ini disebutkan untuk pertama kalinya dalam periode raja pertama "Dinasti Keenam" dan disebut dalam sumber-sumber lain setelah periode itu. Menurut Oric Bates, orang-orang itu berkulit putih, dengan rambut pirang dan mata biru.

Pada periode Yunani, Berber terutama dikenal sebagai "The Libya" dan tanah mereka sebagai "Libya" yang membentang dari Maroko modern ke perbatasan barat Mesir kuno. Mesir modern mengandung Siwa, bagian dari Libya bersejarah, di mana mereka masih berbicara bahasa Berber.

Selama periode Romawi, Berber akan dikenal sebagai Numidians, Maures, dan Getulians, menurut suku atau kerajaan mereka. Bangsa Numidia mendirikan suku-suku yang rumit dan terorganisir, dan setelah itu mulai membangun kerajaan yang lebih kuat. Kebanyakan sarjana percaya bahwa "Alyamas" adalah raja pertama dari kerajaan Numidian. Massinissa adalah raja Numidian yang paling terkenal, yang menjadikan Numidia sebagai kerajaan yang kuat dan beradab.

Sejarah

SEBUAH Berber keluarga menyeberangi adegan ford - di Aljazair. Tahukah Anda? Berber adalah penduduk asli Afrika Utara di sebelah barat Sungai Nil

Berber telah hidup di Afrika Utara antara Mesir barat dan Samudra Atlantik sejauh catatan daerah itu. Penghuni paling awal di wilayah ini ditemukan pada seni cadas di seberang Sahara. Referensi kepada mereka juga sering terjadi dalam sumber-sumber Mesir Kuno, Yunani, dan Romawi. Kelompok Berber pertama kali disebutkan secara tertulis oleh orang Mesir kuno selama Periode Predinastik, dan selama Kerajaan Baru orang Mesir kemudian berperang melawan suku-suku Meshwesh dan Lebu (Libya) di perbatasan barat mereka. Banyak ahli Mesir Kuno berpikir bahwa dari sekitar 945 SM. orang-orang Mesir diperintah oleh imigran Meshwesh yang mendirikan Dinasti Dua Puluh Dua Mesir di bawah Shoshenq I, memulai periode panjang pemerintahan Berber di Mesir, meskipun yang lain menempatkan asal-usul yang berbeda untuk dinasti-dinasti ini, termasuk Nubia. Mereka lama tetap menjadi populasi utama Gurun Barat - para penulis sejarah Bizantium sering mengeluhkan hal tersebut Mazikes (Amazigh) menyerang biara-biara terpencil di sana.

Selama berabad-abad, Berber mendiami pantai Afrika Utara dari Mesir hingga Samudra Atlantik. Seiring waktu, wilayah pesisir Afrika Utara menyaksikan parade panjang penjajah dan penjajah termasuk Sahara, Fenisia (yang mendirikan Kartago), Yunani (terutama di Libya), Romawi, Vandal dan Alan, Bizantium, Arab, Ottoman, dan Prancis dan Spanyol. Sebagian besar, jika tidak semua, dari penjajah ini telah meninggalkan jejak pada Berber modern karena budak dibawa dari seluruh Eropa (beberapa perkiraan menempatkan jumlah orang Eropa yang dibawa ke Afrika Utara selama periode Ottoman setinggi 1,25 juta). 4 Interaksi dengan kekaisaran tetangga Sudan, Afrika sub-Sahara, dan pengembara dari Afrika Timur juga meninggalkan kesan luas pada orang-orang Berber.

Dalam masa sejarah, Berber memperluas selatan ke Sahara, menggusur populasi sebelumnya seperti Azer dan Bafour, dan pada gilirannya sebagian besar berasimilasi secara budaya di banyak Afrika Utara oleh orang-orang Arab, terutama setelah serbuan Banu Hilal pada abad kesebelas. .

Wilayah Afrika Utara yang mempertahankan bahasa dan tradisi Berber, secara umum, adalah wilayah yang paling tidak terekspos oleh pemerintahan asing - khususnya, dataran tinggi Kabylie dan Maroko, yang sebagian besar bahkan di zaman Romawi dan Ottoman tetap sebagian besar independen, dan di mana orang-orang Fenisia tidak pernah menembus luar pantai. Namun, bahkan daerah-daerah ini telah dipengaruhi oleh beberapa dari banyak invasi di Afrika Utara, yang terbaru termasuk Perancis. Sumber utama pengaruh asing lainnya, khususnya di Sahara, adalah rute perdagangan Trans-Atlantik dari Afrika Barat, yang dioperasikan sebagian oleh kekuatan komersial Eropa.

Berber dan penaklukan Islam

Berbeda dengan penaklukan agama-agama dan budaya-budaya sebelumnya, kedatangan Islam, yang disebarkan oleh orang-orang Arab, akan memiliki efek yang meresap dan tahan lama pada Maghreb. Iman baru, dalam berbagai bentuknya, akan menembus hampir semua segmen masyarakat, membawa bersamanya tentara, orang-orang terpelajar, dan mistikus yang kuat, dan sebagian besar menggantikan praktik kesukuan dan loyalitas dengan norma-norma sosial baru dan idiom politik.

Meskipun demikian, proses islamisasi dan Arabisasi di wilayah itu rumit dan panjang. Sedangkan Berber nomaden cepat bertobat dan membantu penakluk Arab, tidak sampai abad kedua belas, di bawah Dinasti Almohad, komunitas Kristen dan Yahudi menjadi benar-benar terpinggirkan.

Berber dan bahasa mereka

Gadis Berber di Maroko, 2006

Bahasa Berber adalah sekelompok bahasa yang terkait erat yang dimiliki oleh filum bahasa Afro-Asia. Ada gerakan yang kuat di antara Berber untuk menyatukan bahasa Berber utara yang terkait erat menjadi standar tunggal, Tamazight, yang merupakan nama umum yang sering digunakan untuk semua bahasa Berber. Ada sekitar tiga ratus dialek lokal di antara populasi Berber yang tersebar.

Populasi yang tepat dari penutur Berber sulit untuk dipastikan, karena sebagian besar negara Maghreb tidak merekam data bahasa dalam data sensus mereka. Sensus kolonial awal dapat memberikan angka yang terdokumentasi untuk beberapa negara; namun, statistik itu bukan lagi ukuran yang andal. Diperkirakan ada antara 14 dan 25 juta penutur bahasa Berber di Afrika Utara, terutama terkonsentrasi di Maroko dan Aljazair, dengan komunitas yang lebih kecil sejauh timur ke Mesir dan sejauh selatan ke Burkina Faso.

Di antara bahasa Berber adalah Tarifit atau Riffi di Maroko utara, Kabyle di Aljazair dan Tashelhiyt di Maroko tengah. Tamazight telah menjadi bahasa tertulis, hidup dan mati, selama hampir 3.000 tahun; Namun, tradisi ini telah sering terganggu oleh berbagai invasi. Pertama kali ditulis dalam Tifinagh alfabet, masih digunakan oleh Tuareg; prasasti tertanggal berasal dari sekitar 200 SM. Kemudian, antara sekitar 1000 SM dan 1500 SM, ditulis dalam alfabet Arab, khususnya oleh Shilha Maroko; sejak awal abad kedua puluh, sering ditulis dalam alfabet Latin, terutama di kalangan Kabyle. Varian alfabet Tifinagh baru-baru ini dibuat resmi di Maroko, sedangkan alfabet Latin resmi di Aljazair, Mali, dan Niger; namun, baik Tifinagh dan Arab masih banyak digunakan di Mali dan Niger, sementara bahasa Latin dan Arab masih banyak digunakan di Maroko.

Setelah kemerdekaan, semua negara Maghreb, pada tingkat yang berbeda-beda, mengupayakan kebijakan "Arabisasi," yang terutama bertujuan menggusur Prancis dari posisi kolonialnya sebagai bahasa pendidikan dan literasi yang dominan. Tetapi di bawah kebijakan ini, penggunaan bahasa Berber dan Bahasa Arab Maghrebi telah ditekan juga. Keadaan ini telah diperebutkan oleh Berber di Maroko dan Aljazair, khususnya Kabylie, dan sekarang sedang ditangani di kedua negara dengan memperkenalkan pendidikan bahasa Berber dan dengan mengakui Berber sebagai "bahasa nasional," meskipun belum tentu merupakan bahasa resmi. Tidak ada tindakan seperti itu telah diambil di negara-negara Maghreb lainnya, yang populasi Berbernya jauh lebih kecil. Di Mali dan Niger, ada beberapa sekolah yang mengajar sebagian dalam bahasa Tamasheq.

Agama dan kepercayaan

Berber pada dasarnya adalah Muslim Sunni, tetapi ada banyak praktik tradisional yang ditemukan di antara mereka. Karena Berber biasanya lebih banyak daripada orang Arab di daerah pedesaan, praktik tradisional cenderung mendominasi di sana. Berber masuk Islam perlahan, selama berabad-abad, dan tidak dominan sampai abad keenam belas. Hasilnya adalah bahwa di dalam Berber Islam tersimpan jejak-jejak praktik keagamaan sebelumnya, menjadikannya sekte yang agak atipikal. 5

Sebagian besar milik Maliki madhhab, sementara Mozabites, Djerbans, dan Nafusis di Sahara utara adalah Muslim Ibadi. Sufi tariqas umum di daerah barat, tetapi lebih jarang di timur; kultus marabout secara tradisional penting di sebagian besar wilayah.

Sebelum konversi mereka ke Islam, beberapa kelompok Berber telah memeluk agama Kristen (seringkali Donatist) atau Yudaisme, sementara yang lain terus mempraktikkan politeisme tradisional. Di bawah pengaruh budaya Islam, beberapa agama sinkretis sebentar muncul, seperti di antara Berghouata, hanya untuk digantikan oleh Islam.

Yahudi Berber

Yahudi Berber mendiami wilayah tersebut bertepatan dengan Pegunungan Atlas di Maroko, Aljazair dan Tunisia. Antara tahun 1950 dan 1960 sebagian besar berimigrasi ke Israel. Sekitar 2.000 dari mereka, semuanya sudah lanjut usia, masih berbicara Judeo-Berber. 6 Pakaian dan budaya mereka mirip dengan Muslim Berber tetangga.

Akan sulit untuk menentukan apakah suku-suku Berber Yahudi ini asalnya keturunan Yahudi dan telah berasimilasi dengan Berber dalam bahasa, kebiasaan, cara hidup singkatnya, dalam segala hal kecuali agama-atau apakah mereka Berber asli yang dalam perjalanan berabad-abad telah dikonversi oleh pemukim Yahudi. Ini adalah opsi kedua yang dianggap lebih mungkin oleh para peneliti seperti André Goldenberg atau Simon Levy.

Pertanyaan tentang asal-usul orang Yahudi Berber juga semakin rumit dengan kemungkinan perkawinan campur. Bagaimanapun ini mungkin, mereka sedikit banyak berbagi dengan saudara-saudara non-Yahudi mereka di wilayah Berber, dan, seperti mereka, berperang melawan penakluk Arab.

Berber modern

Distribusi Berber di Afrika Barat Laut

Demografi

Berber hidup terutama di Maroko (antara 35 persen-60 persen dari populasi) dan di Aljazair (sekitar 15 33 persen dari populasi), serta Libya dan Tunisia, meskipun statistik yang tepat tidak tersedia. 7 Sebagian besar orang Afrika Utara yang menganggap diri mereka orang Arab juga memiliki pengaruh signifikan Berber keturunan. 8 Kelompok Berber yang menonjol termasuk Kabyle di Aljazair utara, yang berjumlah sekitar empat juta dan telah mempertahankan, sebagian besar, bahasa asli dan budaya mereka; dan Chleuh (jamak francophone dari bahasa Arab "Shalh") dan Tashelhiyt dari Maroko selatan, berjumlah sekitar delapan juta. Kelompok-kelompok lain termasuk Riffian di Maroko utara, Chaouia Aljazair, dan Tuareg Sahara. Ada sekitar tiga juta imigran Berber di Eropa, terutama Riff dan Kabyles di Belanda dan Prancis. Beberapa proporsi penduduk Kepulauan Canary adalah keturunan dari Guanches asli - biasanya dianggap Berber - di antaranya beberapa kebiasaan Canary Islander, seperti makan gofio, berasal.

Hubungan dengan Eropa

Seperti kebanyakan orang di dunia saat ini, Berber mudah berbaur dengan orang lain. Namun, ada perbedaan karena sejarah Afrika Utara, yang dikenal sebagai Barbary Coast. Selama masa perompak Barbary, budak dan tahanan perang dari Eropa diangkut dan dijual ke Afrika Utara. Diperkirakan mungkin ada satu juta orang Eropa yang tiba di Afrika dengan cara ini, membawa mata hijau dan biru serta rambut pirang dan merah. Ketika perkawinan silang terjadi dengan penduduk Afrika Utara, fitur-fitur ini menjadi bagian dari populasi Berber saat ini.

Meskipun stereotip di Barat sebagai pengembara, sebagian besar Berber sebenarnya adalah petani tradisional, yang tinggal di pegunungan yang relatif dekat dengan pantai Mediterania, atau penghuni oasis; Tuareg dan Zenaga di Sahara selatan, bagaimanapun, adalah nomaden. Beberapa kelompok, seperti para Chaouis, melakukan transhumance.

Dewasa ini Berber sering tinggal di pegunungan dan di pemukiman yang lebih kecil di seluruh wilayah Afrika Utara. Dari kota-kota besar di kawasan itu, hanya Marrakech yang memiliki populasi dengan identitas Berber yang kuat. Selama masa penaklukan Arab, para penjajah menguasai kota-kota, sebagian besar mengabaikan daerah pedesaan. Bangsa Berber memiliki beberapa pilihan; tinggal di pegunungan, menentang dominasi Arab, atau pindah ke komunitas Arab, di mana bahasa dan budaya Arab dominan. Banyak yang memilih kehidupan gunung, di mana keturunan mereka tetap hari ini.

Desa Berber di Atlas tinggi di Maroko (lembah Imlil)

Mirip dengan situasi di banyak masyarakat Barat seperti penduduk asli di A.S., Aborigin di Australia, dan Lapps di Norwegia, Berber dianggap sebagai warga negara kelas dua hingga pertengahan abad kedua puluh. Di beberapa daerah di Afrika utara, orang-orang Berber terus dipandang sebagai 'petani buta huruf' mengenakan pakaian tradisional.

Seperti halnya banyak masyarakat adat lainnya di seluruh dunia, Berber mulai bangkit pada tahun-tahun terakhir abad kedua puluh, berbicara menentang rendahnya nilai budaya dan identitas mereka. Poin utama dari protes adalah tidak adanya bahasa tertulis dan kurangnya pengaruh politik. Ini paling jelas terjadi di Aljazair, di mana situasinya sangat tegang selama 1990-an, sehingga komentator asing berspekulasi tentang prospek perang saudara dan pembagian negara.9

Saat ini, Berber di Aljazair adalah kelompok yang paling berpendidikan, dan banyak yang memegang posisi terkemuka di masyarakat. Hal ini sebagian disebabkan oleh tindakan Prancis selama periode kolonial, yang berusaha melemahkan aspek Arab dari budaya Aljazair dengan memberikan preferensi kepada Berber dalam pendidikan dan administrasi. Hal ini mengakibatkan Aljazair memiliki salah satu budaya Berber paling berpengaruh dari semua negara dengan populasi Berber. Bahasa Berber digunakan sebagai bahasa sehari-hari di negara itu, meskipun bahasa Perancis adalah bahasa administratif.

Ada konflik antara populasi Arab dan Berber di Aljazair. Ini paling jelas dalam hubungan yang sulit antara Islamis dan pemerintah. Kebanyakan Islamis menganggap diri mereka orang Arab, sementara di dalam pemerintahan orang menemukan orang Arab dan Berber. Ada orang-orang yang secara politik kurang aktif, dalam banyak kasus ini adalah Berber, yang menyebabkan ketegangan dengan faksi Arab. 10

Ketegangan politik juga muncul antara beberapa kelompok Berber, terutama Kabyle, dan pemerintah Afrika Utara selama beberapa dekade terakhir, sebagian karena masalah linguistik dan budaya; misalnya, di Maroko, memberi anak-anak nama Berber dilarang.

Catatan

  1. ↑ Perpustakaan Thinkquest. 1998. Rakyat - Berber Diakses 25 Januari 2008.
  2. ↑ J.D. Irish, 2000. Teka-teki Iberomaurusian: nenek moyang Afrika utara atau jalan buntu? Perpustakaan Kedokteran Nasional. Diakses pada 25 Januari 2008.
  3. ↑ Peter Prengaman, Pertempuran Berber Maroko agar Tidak Kehilangan Budaya Mereka, Kronik San Francisco (16 Maret 2001). Diakses pada 28 Oktober 2011.
  4. ↑ Jeff Grabmeier, "Ketika Orang Eropa Menjadi Budak: Penelitian Menyarankan Perbudakan Putih jauh lebih umum daripada yang Sebelumnya Percaya." Di Robert Davis, Budak Kristen; Master Muslim. (London: Palgrave Macmillan, 2004. ISBN 978-1403945518).
  5. ↑ Kjeilen Berber Encyclopedia of the Orient. Diakses pada 25 Januari 2008.
  6. ↑ Raymond G. Gordon, Jr. Judeo-Berber: Bahasa Israel Etnolog: Bahasa Dunia, edisi Kelimabelas. Diakses pada 25 Januari 2008.
  7. ↑ Raymond G. Gordon, Jr. (ed.), 2005. Bahasa Dunia Etnolog: Bahasa Dunia, edisi Kelimabelas. Diakses pada 25 Januari 2008.
  8. ↑ Jaume Bertranpetit,. 14 Maret 2001. Analisis Resolusi Tinggi dari Variasi Kromosom Y Manusia menunjukkan Ketidaksinambungan yang Tajam dan Aliran Gen Terbatas antara Afrika Barat Laut dan Semenanjung Iberia Perhimpunan Genetika Manusia Amerika. Diakses pada 25 Januari 2008.
  9. ↑ Tore Kjeilen, Berber Encyclopedia of the Orient. Diakses pada 25 Januari 2008.
  10. ↑ Tore Kjeilen, Aljazair: Agama & Masyarakat Encyclopedia of the Orient. Diakses pada 25 Januari 2008.

Referensi

  • Blanc, Saint Hiliaire. Grammaire de la Langue Basque (d'apres celle de Larramendi). Nabu Press, 2010. ISBN 978-1147375930
  • Brett, Michael; & Elizabeth Fentress. The Berber. Oxford, Inggris: & Cambridge, MA: Blackwell Publishing, 1996. ISBN 0631168524
  • Briggs, Lloyd Cabot. Ras Zaman Batu di Afrika Barat Laut. Cambridge, MA: Museum Peabody, 1955. ASIN B000M4HLFG
  • Celenko, Theodore. Mesir di Afrika. Indianapolis, IN: Museum Seni Indianapolis, 1996. ISBN 0936260645
  • Davis, Robert. Budak Kristen, Master Muslim: Perbudakan Putih di Mediterania, Pantai Barbary, dan Italia, 1500-1800. London: Palgrave Macmillan, 2004. ISBN 978-1403945518
  • Ehret, Christopher. Peradaban Afrika: A History to 1800. Charlottesville, VA: University Press of Virginia, 2002, ISBN 0813920841
  • Entwistle, W. J. Bahasa Spanyol. (sebagaimana dikutip dalam karya Michael Harrison, 1974) (asli London: 1936)
  • Gans, Eric Lawrence. The Origin of Language: Teori Representasi Resmi. Berkeley, CA: Univ. California Press, 1981. ISBN 0520042026
  • Geze, Louis. Elements de Grammaire Basque. Kessinger Publishing, 2010. ISBN 978-1160776110
  • Hachid, Malika. Les premiers Berbères: entre Méditerranée, Tassili et Nil. Edisud, 2001. ISBN 2744902276
  • Hagan, Helene E., Yang Bersinar: Esai Etimologi tentang Akar Amazigh dari Peradaban Mesir Kuno. XLibris, AS, 2001, ISBN 1401024122
  • Hagan, Helene E. Perhiasan Tuareg: Pola dan Simbol Tradisional. XLibris, 2006. ASIN B0793SVGWK
  • Harrison, Michael. Akar Sihir. Secaucus, NJ: Citadel Press, 1974. ISBN 978-0426158516
  • Hiernaux, Jean. Rakyat Afrika (People of the world series). New York, NY: Scribner, 1975. ISBN 0684140403
  • Hualde, J. I., Fonologi Basque. London & New York, NY: Routledge, 1991. ISBN 0415056551
  • Martins, J. P. de Oliveira. Sejarah Peradaban Iberia. New York, NY: Cooper Square Publishers, (asli 1930) 1969. ISBN 0815403003
  • Osborn, Henry Fairfield. Laki-laki dari zaman batu tua, lingkungan, kehidupan dan seni mereka. Nabu Press, 2010. ISBN 978-1171826361
  • Lewis, M. Paul (ed.). Etnolog: Bahasa Dunia, edisi Keenambelas. Dallas, TX: SIL International, 2009. Diakses pada 27 Agustus 2019.
  • Renan, Ernest. De l'Origine du Langage. Nabu Press, 2010. ISBN 978-1148386416
  • Ripley, W. Z. The Races of Europe. Nabu Press, 2010. ISBN 978-1176459540
  • Ryan, William, dan Walter Pitman. Banjir Nuh: Penemuan ilmiah baru tentang peristiwa yang mengubah sejarah. New York, NY: Simon & Schuster, 1998. ISBN 0684810522
  • Saltarelli, Mario. Basque. New York, NY: Croom Helm, 1988. ISBN 0709933533
  • Silverstein, Paul A. Aljazair di Perancis: Transpolitik, Ras, dan Bangsa. Bloomington, IN: Indiana University Press, 2004. ISBN 0253344514

Tautan eksternal

Semua tautan diambil 13 Desember 2016.

  • Amar Almasude, Media Massa Baru dan Bentuk Amazigh Identity Revitalisasi Bahasa Pribumi.
  • Jose Barrios Garca, September 1997 Sistem Nomor dan Kalender Penduduk Berber di Grand Canary dan Tenerife Archaeoastronomy & Ethnoastronomy News.
  • Berbers LookLex.
  • Berber World Online

Share
 
Pin
 
Tweet
 
Send
 
Share
 
Send


Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+