Iklan

Forum Keuchik Kecamatan Seulimum Gelar Pelatihan Sikeudes Tahun 2022

Senin, 13 Desember 2021, Desember 13, 2021 WIB Last Updated 2021-12-13T01:18:30Z

 



Banda Aceh - Puluhan keuchik yang tergabung dalam Forum Keuchik Kecamatan Seulimum Aceh Besar menyelenggarakan Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Sikeudes) Tahun 2022 pada tanggal 11-12 Desember 2021, di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh.


Dijumpai media Harian Moslem usai penutupan acara pada Minggu (12/12), Ketua Panitia Zulkiram mengatakan pelatihan Sikeudes bertujuan untuk menyusun rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) tahun 2022 menggunakan aplikasi Sikeudes.


"Pelatihan diikuti oleh 33 gampong yang ada di Kecamatan Seulimum. Saat ini semua gampong yang ada di Kecamatan Seulimum yang berjumlah 47 gampong sudah mengikuti pelatihan Sikeudes, " jelas Zulkiram yang juga menjabat sebagai Keuchik Gampong Data Gaseu.




Ditambahkannya, dengan adanya pelatihan Sikeudes sebagai sistem aplikasi tata kelola keuangan desa, dapat membantu pemerintah gampong dalam melakukan pengelolaan keuangan gampong.


"Diharapkan dengan pelatihan ini penyusunan APBG bisa siap pada bulan Januari nanti, sesuai dengan target. Diharapkan juga operator yang sudah dilatih tidak diganti dengan orang lain, sehingga penggunaan aplikasi ini bisa berjalan lancar, " ujarnya.


Sementara itu, salah satu narasumber Kabid Pengembangan Pemerintahan Permukiman dan Gampong Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Besar Firdos S Pd menjelaskan selain melatih penyusunan dan perencanaan APBG 2022, juga dijelaskan regulasi terkini terkait Perpres No 104 Tahun 2021 Tentang Penggunaan Dana Desa.


Soraya


Komentar

Tampilkan

Terkini