Iklan

Lamteuba Desa Di Bawah Kaki Gunung Seulawah

Rabu, 02 Februari 2022, Februari 02, 2022 WIB Last Updated 2022-02-05T08:22:46Z

 


https://youtu.be/jQ1NkMADk3A



Aceh Besar - Lamteuba adalah sebuah dataran tinggi di punggung pegunungan Seulawah, berada di sebelah timur Banda Aceh. Dapat ditempuh dengan jarak  sekitar 29 Kilometer dari arah utara, dengan jalur alternatif yang semakin jauh bila mengambil jalur tenggara, jaraknya bisa mencapai lebih 60 Kilometer.

Dari lintasan utara, harus melalui desa wisata permandian air panas Ie Su'um, desa itu dapat ditemui  setelah berkendara melalui belakang Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang. Dari awal perjalanan ke sana sudah disuguhi jalur curam yang berbahaya,  yang disajikan perbukitan Blang Bintang.

 

Jalan berliku dan turunan tajam membentuk banyak kelokan, di sisi kiri dan kanan menyajikan pemandangan jurang yang menyeramkan.


Lintasan landai baru ditemui sepanjang jalur Desa Ie Su'um, setelahnya jalur curam dengan tebing batu di sisi kiri dan jurang curam di sisi kanan, akan menjadi pemandangan panjang perjalanan ke arah tenggara.

 

Desa Lamteuba baru ditemui setelah melintasi wilayah perbukitan. Sepanjang jalan pengendara harus memiliki pandangan yang awas terhadap pengendara di hadapan, jalanan sempit dan kelokan menghalangi pandangan pengendara kearah depan. Sebaiknya membunyikan klakson kenderaan bila berada dalam situasi seperti ini.


 https://youtu.be/MR5mu2Yn5uA 


Berada di Desa Lamteuba sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan tanaman perkebunan, mayoritas kunyit menghampar luas pada kebun di sisi jalan, selebihnya perkebunan jagung, pinang, durian dan berbagai pohon buah lainnya.

 

Pada sebuah kawasan landai, warga Lamteuba juga menanam padi, terkadang mereka juga menanam bawang merah di ladang.

 

Di ketinggian arah timur terlihat puncak gunung Seulawah berdiri kokoh, jaraknya mungkin tidak terlalu jauh, karena Lamteuba adalah desa yang langsung berbatas dengan Seulawah.

 

Sebuah pasar tradisional juga terdapat di desa ini. Pasar tersebut mempunyai hari pekan pada hari Sabtu, berbagai pedagang dari luar Lamteuba berdatangan menjajakan dagangannya.

 

Meski secara umum Desa Lamteuba dikenal luas sebagai lokasi ditanamnya ganja, namun sepanjang perjalanan tidak akan ditemui  tumbuhan haram tersebut. Yang disuguhi  Lamteuba hanya keindahan, dari lereng-lereng bukit, hingga pemandangan pegunungan.

 

Sesampai di batas Pasar Lamteuba, sebuah jalan di persimpangan akan mengantarkan Anda ke arah Sesa Lampanah. Sebuah desa yang langsung berbatasan dengan Kabupaten Pidie, sebuah bataliyon TNI akan menyapa Anda di tengah perjalanan.

 

Namun bila ingin cepat kembali, Anda tidak perlu melalui jalur itu, teruslah menuju ke Tenggara untuk mencapai Desa Lamkabeu, di ujung desa. Jalan nasional lintasan Banda Aceh akan segera ditemui, Anda pun akan segera berkendara normal di jalur yang aman. Demikianlah cerita perjalanan ke Desa Lamteuba.

 

Tarmizi Alhagu

 

 

 


Komentar

Tampilkan

Terkini