Petani Desa Teladan Undang Kadis Pertanian Dan Perkebunan Aceh Datang Ke Kebunnya.

Selasa, 30 Mei 2023, Mei 30, 2023 WIB Last Updated 2023-05-30T00:08:51Z

 

Buah Pisang Busuk Di Desa Teladan, Aceh Besar

 

 

Banda Aceh - Tiba-tiba sebuah pesan WhatsApp masuk ke handphone  saya. Beberapa gambar buah pisang busuk dan pohon pisang  yang  tandannya  layu muncul di layar. Pengirimnya seorang petani  Desa Teladan Aceh Besar bernama Sakdani.

 

Pohon Pisang Layu dengan Buah Hitam Membusuk Di Tandan

Di layar handphone juga terlihat ada panggilan tak terjawab dari petani itu. Diujung sore saya mencoba menelponnya kembali, kami baru berhenti berbicara ketika azan magrib berkumandang.

 

Dalam pembicaraan itu Sakdani mengundang  Kadis Pertanian Dan Perkebunan Aceh Ir. Cut Huzaimah, mengunjungi kebunnya di Desa Teladan. Agar dia dapat melihat langsung bagaimana dahsyatnya hama tanaman merusak kebun pisang dan coklat miliknya.

 




Sakdani menyebut jika pejabat perkebunan tidak percaya apa yang sudah dia sampaikan ke media. Silahkan datang sendiri melihat ke kebunnya,  biaya transportasi akan dia tanggung. Lelaki itu juga menyiapkan oleh-oleh buah alpokat,  yang sekarang sedang musim untuk pejabat perkebunan.

 

Petani Desa Teladan itu juga menawarkan diri untuk membawa pejabat perkebunan,  melihat langsung kebun pisang yang terserang hama di Desa Teladan. Dia juga bersedia mengantarkan  mereka,  melihat serangan hama pisang di kecamatan lain di Aceh Besar.

 

“ Mereka jangan cuma bilang gak ada hama pisang, terus datang cuma untuk buat laporan ke kantor,” ujar Sakdani.

 


Media ini telah berulang kali menurunkan laporan serangan hama terhadap buah kakao dan pisang di Desa Teladan. Terakhir sebuah laporan hasil wawancara,  dengan Kasi Proteksi Holtikultura Dinas pertanian dan Perkebunan Aceh telah kami turunkan.

 

Serangan hama ini tidak hanya menimpa dua macam tanaman itu, tanaman pepaya, sirsak dan jambu juga terserang hama. Sekitar tahun 2020 serangan hama, membuat buah sirsak di kepulauan Sabang membusuk, akibatnya produksi dodol Sabang, yang menggunakan bahan baku buah sirsak, sempat terhenti.

 

Tarmizi Alhagu.

Komentar

Tampilkan

Terkini