Iklan

Sakdani Petani Aceh Menanti Pembasmi Hama Kakao Untuk Kebunnya

Senin, 15 Mei 2023, Mei 15, 2023 WIB Last Updated 2023-05-16T09:53:11Z

 

Banda Aceh -  Hama kakao masih menyerang tanaman petani. Hingga kini belum ada obat  yang mampu menyembuhkan, kata Sakdani seorang petani  dari desa Teladan, Aceh Besar, pada Senin, (15/05) melalui saluran telpon.



Sakdani yang telah belasan tahun  menanam kakao,  kini mengaku hilang selera mengurus tanaman itu. Berulang kali dia pangkas dahan,  namun tidak juga mampu menghilangkan hama,  yang membuat buah kakao menjadi busuk menghitam. Kakao miliknya tetap gagal panen.

 

Lelaki 56 tahun itu mengaku dia menanam ribuan batang kakao di tiga lokasi kebunnya. Sebuah kebun dengan luas enam hektar malah sudah tidak diurus lagi, akibat gagal panen buah kakao.

 

Kini kebun Sakdani telah ditanam lemon dan pohon alpukat. Ratusan pohon alpukat itu terlihat menggantikan  rimbunan kakao di kebun petani itu. Menurut Sakdani dia sekarang sudah memanen 30 batang Alpukat dari 150 pohon yang ditanamnya.

 

Meski sudah bisa panen, dia menyebut timbul masalah baru. Banyak buah alpukat rontok dari pohon.  Berakibat panen tidak maksimal. Demikian juga pisang yang ditanam, buahnya hangus menghitam ditandan.

 

Obat Nabati Pembasmi Hama Kakao Dari Air Beras dan Air Kelapa

Dari UPTD Perkebunan Aceh didapat informasi telah ada jenis obat,  yang mampu menyembuhkan hama yang menyerang buah kakao. Obat itu merupakan campuran air beras dan air kelapa yang telah diproses.

 

Menurut Kasi Proteksi Perkebunan Intan Suryana  Sp, hama yang  menyerang buah kakao dari jenis hello peltis,  merupakan hama penggerek buah kakao, sudah lama menyerang  perkebunan  Aceh, namun kini sudah ada obatnya .

 

Sejenis  obat lagi berasal dari jamur buah jagung,  yang melalui proses fermentasi,  ditaburkan pada tanah untuk membuuh hama kakao,  kata Intan Suryana.

 https://youtube.com/shorts/SEILzthbttk


Intan menyebut pemakaian dua jenis obat pembunuh hama itu,  sudah memberi hasil pada perkebunan  kakao di Sare, Aceh Besar, buahnya bagus tidak membusuk.

 

Ketika ditanya berapa keseluruhan tanaman kakao yang diserang hama di Aceh, Intan mengatakan mereka belum mempunyai data pasti. Pejabat perkebunan itu juga menyebut tidak punya data pasti luas perkebunan kakao di Aceh.

 

Kakao merupakan komoditi ekspor perkebunan utama dari Aceh selain kopi. Dua jenis tanaman ini menjadi andalan petani tradisional dalam menunjang ekonomi mereka.

 

Tarmizi Alhagu.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+