Iklan

Mengenal Kopi Tongkat Ali Peningkat Stamina Pria

Senin, 29 Januari 2024, Januari 29, 2024 WIB Last Updated 2024-01-30T00:39:07Z

 

Kopi Tongkat Ali Produksi Aceh Tuha



Tongkat Ali adalah tumbuhan yang hanya tumbuh dipegunungan berbatu, dengan tanah merah sebagai tempat tumbuhnya. Tumbuhan ini sangat sulit untuk dibudidaya. Sebab kondisi itulah Tongkat  Ali menjadi Tanaman yang sangat langka.

 




Tumbuhan ini memiliki berbagai khasiat, seperti menurunkan hipertensi, menyembuhkan diabetes, menyembuhkan sakit magh, obat malaria, untuk vitalitas pria, meningkatkan stamina,  melancarkan peredaran darah, secara umum di propinsi Aceh tanaman ini diyakini mampu menyembuhkan 44 macam penyakit.


Dengan khasiatnya yang begitu banyak, tongkat ali menjadi campuran utama pembuatan bubur kanji rumbi,  di Aceh Besar saat bulan suci Ramadhan. Jadi tidak heran warga Aceh tetap prima meski sudah berpuasa dan shalat Tarawih hingga tengah malam.

 

Secara tradisional tanaman ini juga diolah dengan kopi oleh para leluhur Aceh, sehingga menjadi minuman kopi tongkat ali, penikmat kopi tongkat ali akan mendapatkan tambahan stamina setelah mengkomsumsinya.

 

Rasanya yang sangat pahit, ditambah rasa kopi yang memang sudah pahit, membuat penikmatnya merasakan sensasi yang berbeda. Rasa pahit itulah yang memberi rasa khas pada kopi tongkat ali, dengan rasa pahit yang sangat khas pula yang membedakannya dengan rasa pahit yang lain.

 

Para peramu kopi tongkat ali memiliki racikan khusus untuk mengurangi rasa pahit itu, dengan mencampurnya dengan semacam tumbuhan tanah yang oleh orang Aceh disebut dengan Oen Me Tanoh (Daun Asam Jawa Tanah). 

 

Tongkat Ali juga dapat diramu dengan Teh sehingga menjadi Teh Tongkat Ali, direbus langsung daun atau batangnya juga boleh.

 

Begitulah Tongkat Ali Tanaman langka yang memiliki begitu banyak khasiat untuk kesehatan, bahkan mampu mengeluarkan racun dalam tubuh manusia yang meminumnya, menjadi minuman pilihan pada masa kini bagi penikmat kopi.

 

Tarmizi Alhagu


Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+