Iklan

Keumalahayati, laksamana pasukan janda Aceh didikan Turki Utsmani

Selasa, 01 Mei 2018, Mei 01, 2018 WIB Last Updated 2018-05-01T15:48:06Z

Turkinesia.net – Presiden Joko Widodo ini melalui Kepres No 115/TK/Tahun 2017 baru saja menetapkan beberapa nama pejuang sebagai pahlawan nasional, di antaranya Laksamana Malahayati.
Nama lahirnya adalah Keumalahayati. Ayahnya bernama Laksamana Mahmud Syah. Kakeknya dari garis ayahnya adalah Laksamana Muhammad Said Syah, putra dari Sultan Salahuddin Syah yang memerintah sekitar tahun 1530–1539 M. Adapun Sultan Salahuddin Syah adalah putra dari Sultan Ibrahim Ali Mughayat Syah (1513–1530 M), yang merupakan pendiri Kerajaan Aceh Darussalam. Tak mengherankan bila kemudian Malahayati akrab dengan dunia angkatan laut.

Akademi militer Baitul Maqdis, hadiah Sultan Selim II untuk Aceh
Pada masa Keumalahayati masih remaja, Kerajaan Aceh Darussalam telah memiliki Akademi Militer yang bernama Mahad Baitul Maqdis, yang terdiri dari jurusan Angkatan Darat dan Laut, dengan para pengajarnya antara lain berasal dari para perwira dari Turki. Akademi militer tersohor yang dibangun atas sokongan Sultan Selim II, penguasa Turki Utsmaniyah. Hal itu terjadi ketika Kesultanan Aceh menerima bantuan dari Sultan Selim II pada era Kesultanan Utsmani guna menghadapi rongrongan dari Portugis maupun Belanda. Di sekolah itu pula Malahayati mendapatkan jodoh, Tuanku Mahmuddin Bin Said Al Latief.

Malahayati membentuk armada pasukan janda
Dalam suatu perang melawan Portugal di Teluk Haru, armada Aceh sukses menghancurkan para prajurit bangsa Portugis. Namun, pertempuran tersebut mengakibatkan sekitar seribu orang Aceh tewas, termasuk laksamana yang merupakan suami Malahayati.
Sepeninggal suaminya, Malahayati membentuk armada yang terdiri dari para janda yang suaminya gugur dalam pertempuran melawan bangsa Portugis. Armada pasukannya diberi nama Inong Balee atau Armada Perempuan Janda. Ia kemudian memimpin langsung 2.000 orang pasukan Inong Balee.
Pangkalannya berada di Teluk Lamreh, Krueng Raya, Aceh. Ada 100 kapal perang dengan kapasitas 400-500 orang. Tiap kapal perang dilengkapi dengan meriam. Bahkan, kapal paling besar dilengkapi lima meriam.
Malahayati juga membangun benteng yang dinamai Benteng Inong Balee bersama pasukannya. Karier militer Malahayati terus menanjak hingga ia menduduki jabatan tertinggi di Angkatan Laut Kerajaan Aceh kala itu.
Sebagaimana layaknya para pemimpin zaman itu, Laksamana Malahayati ikut bertempur di garis depan melawan kekuatan Portugal dan Belanda yang hendak menguasai jalur laut Selat Malaka.
Reputasi Malahayati sebagai penjaga pintu gerbang kerajaan membuat Inggris yang hendak masuk ke wilayah Aceh memilih untuk menempuh jalan damai. Surat dari Ratu Elizabeth I yang dibawa oleh James Lancaster untuk Sultan Aceh membuka jalan bagi Inggris untuk menuju Jawa dan membuka pos dagang di Banten.

Tewasnya Cornelis de Houtman dalam tarung satu lawan satu
Cornelis de Houtman, orang Belanda pertama yang tiba di Indonesia, juga mencoba menggoyang kekuasaan Aceh pada 1599. Namun, upayanya gagal. Pasukan Belanda berhasil dipukul mundur oleh armada Inong Balee. Cornelis de Houtman tewas di atas geladak kapal setelah kalah tarung satu lawan satu dengan Laksamana Malahayati, pada 11 September 1599. Adiknya, Frederik ditangkap dan dipenjara selama dua tahun.
Keumala Hayati disebut masih memimpin pasukan Aceh menghadapi armada Portugis di bawah Alfonso de Castro yang menyerbu Kreung Raya Aceh pada Juni 1606. Sejumlah sumber sejarah menyebut dia gugur dalam pertempuran itu dan dimakamkan di lereng Bukit Kota Dalam, sebuah desa nelayan yang berjarak 34 kilometer dari Banda Aceh.
Nama Keumala Hayati harum hingga penjuru dunia. Pahlawan Nasional ini sering disebut sebagai satu dari 10 Best Woman Warrior
Atas keberaniannya, nama Malahayati saat ini dijadikan nama jalan, pelabuhan, rumah sakit, perguruan tinggi hingga nama kapal perang, yakni KRI Malahayati. Bahkan lukisannya diabadikan di Museum Kapal Selam, Surabaya, Jawa Timur.
Dari berbagai sumber

Komentar

Tampilkan

Terkini