Ads (728x90)


Banda Aceh-Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh (Dispora), Darmansyah S Pd MM menyampaikan, Torch Relay Asian Games 2018 ini merupakan ajang sosialisasi bagi masyarakat Indonesia dan diliput oleh media luar negeri.



"Daerah perlu menangkap peluang untuk mempromosikan destinasi pariwisata, seni budaya serta potensi - potensi lainnya bagi masyarakat Indonesia di mata dunia, sehingga nantinya diharapkan dapat memberikan dampak positif pada peningkatan ekonomi," jelasnya didampingi oleh Sekretaris Dispora Aceh, Azhari S Ag M Si.

Hal tersebut disampaikan seusai rapat, pada Sabtu (28/7/2018) saat membahas rencana persiapan kegiatan pelepasan, dan arakan iringan kirab obor (Torch Relay) Asian Games XVIII di Provinsi Aceh yang akan berlangsung pada tanggal 31 Juli 2018 di Provinsi Aceh.

Ketua Penyelenggara yang juga selaku Plt Kabid P3O, Ir Syaifullah M Si mengatakan, rombongan Torch Relay akan tiba di Lanud SIM dari Kalimantan Selatatan pada pukul 9 pagi, yang akan disambut oleh Bupati Aceh Besar, Ketua DPRK Aceh Besar, dan Danlanud SIM beserta jajaran Pemerintah Aceh lainnya.

Selanjutnya, rombongan saat tiba di Museum Aceh akan disambut oleh Walikota Banda Aceh sebagai tanda dimulainya Torch Relay dengan mengelilingi Kota Banda Aceh sejauh 10 Km.

"Sesuai rute titik akhir, proses pengarakan Api Obor Asian Games akan disambut oleh, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Gubernur Aceh dan unsur Forkopimda untuk didirikan di halaman Kantor Gubernur Aceh selama kegiatan berlangsung," katanya.

Disela - sela kegiatan tersebut, ada juga penampilan Tari Saman dan atraksi bela diri Pencak Silat. Selanjutnya penyerahan Mokub Debit Asian Games oleh Komisaris Bank BNI kepada Plt Gubernur Aceh, dan pembagian hadiah doorprize.

Sementara itu, Kasi Pembinaan Olahraga Prestasi, Muksalmina S Pd menambahkan, kesiapan sudah mencapai 90 persen untuk rangkaian kegiatan dan jadwal gladi resik dimulai hari Senin (30/7/2018).

"Tamu yang akan hadir dari pusat diperkirakan mencapai 70 orang terdiri dari pelari nasional, Perwakilan INASGOC, sponsor dan media nasional," ucapnya.

Muksalmina juga menyampaikan, saat memulai koordinasi untuk tahap awal berupa penyusunan poin rangkaian sebelumnya dilakukan di Rumah Aceh. Sementara untuk kesiapan pengamanan juga sangat didukung penuh oleh Polda Aceh, Kodam IM, BINDA Aceh dan lainnya.

"Kita berharap adanya antusias para pengunjung baik dari kalangan mahasiswa, pelaku olahraga maupun masyarakat luas untuk dapat hadir, guna berpartisipasi menyaksikan acara tersebut secara bersama - sama," tuturnya.

Soraya/Rilis



Posting Komentar