Iklan

Ayo Cicipi Aneka Cemilan Labu di Stand Abdya

Kamis, 09 Agustus 2018, Agustus 09, 2018 WIB Last Updated 2018-08-09T15:10:02Z

Banda Aceh-Sebagai salah daerah penghasil labu kuning, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengolahnya menjadi aneka cemilan yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Tampak di Stand Abdya yang terletak di bawah anjungan, berbagai produk olahan kuliner khas Abdya tersaji dan siap dicicipi.

Ditemui media ini pada Rabu (8/8) di Stand Abdya, Kadisperindagkop Kabupaten Abdya, Jamaluddin S Pd menjelaskan aneka olahan dari labu kuning seperti stik, kerupuk, bolu, kue, kukis atau kue kering. “ Labu ini ketika panen terbuang begitu saja, selama ini belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal labu dapat disimpan lama dan diolah menjadi berbagai produk kuliner, “ jelasnya.



Sementara dari kawasan pesisir dia mengatakan ada produk abon ikan tuna yang merupakan kelompok binaan dari Disperindagkop dan TP PKK Abdya. Menurutnya ikan tuna dan tongkol ketika melimpah dapat dimanfaatkan oleh istri nelayan untuk diolah menjadi abon, sehingga meningkatkan pendapatan keluarga nelayan.

“Ketika bahan baku melimpah, bisa diolah oleh para kaum ibu atau istri nelayan, karena harganya turun, tidak mencukupi kebutuhan nelayan. Untuk meningkatkan ekonomi para nelayan dapat diolah menjadi abon ikan. Abon ini tahan lama, dan tanpa pengawet. Saat ini pemasarannya sudah go internasional hingga ke Turki, Malaysia dan Brunei, “ paparnya.
  
Untuk meningkatkan kualitas dan kemasan produk abon ikan, pihaknya membantu dengan memberikan peralatan untuk skala rumah tangga, begitu juga dengan kemasan yang sudah menggunakan aluminium foil (alufo), demikian ujar Jamaluddin.

Soraya

Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+