Iklan

Unsyiah Kukuhkan Tiga Guru Besar

Jumat, 28 September 2018, September 28, 2018 WIB Last Updated 2018-09-28T01:08:13Z

Banda Aceh-Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali mengukuhkan tiga guru besar melalui rapat senat terbuka yang dipimpin oleh Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal M Eng di Gedung AAC Dayan Dawood Banda Aceh pada Kamis, 27 September 2018.


Ketiga guru besar tersebut menyampikan orasi ilmiahnya, dimulai Prof Dr Mahidin A Taleb ST MT dengan judul “Peluang dan Tantangan Dalam Pemanfaatan Sumberdaya Energi Baru dan Terbarukan”.

Prof Dr Muhammad Adam SE MBA dengan judul “Orientasi Pasar, Budaya Bisnis dan Peningkatkan Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Aceh”.

Terakhir, Prof Dr dr Mohd Andalas Sp OG dengan judul “Peningkatan Kualitas Tenaga Ilmu Kesehatan Reproduksi dalam Upaya Menurunkan Angka kematian Ibu dan Risiko Persalinan Prematur”


Ditemui media ini Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal M Eng, menjelaskan saat ini Unsyiah sudah memiliki 56 orang guru besar, namun untuk sebuah institusi yang berbasis riset seperti Unsyiah, jumlah ini masih sangat minim.

Lebih lanjut dia mengucapkan jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhan tenaga edukatif di kampus, maka persentase dosen yang sudah guru besar masih dibawah 4 % sampai sekarang. “Potensi ke arah itu masih sangat tinggi, karena saat ini sebanyak 463 orang dosen yang sudah Lektor Kepala, yaitu jabatan terakhir sebelum naik ke level guru besar, “ urainya.

Namun dia optimis jumlah profesor di Unsyiah akan terdongkrak lebih banyak pada tahun-tahun mendatang. Ditambahkannya meningkatnya guru besar bisa meningkatkan rangking Unsyiah, menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia. Menurutnya sekarang ini Unsyiah termasuk 10 kampus terbaik di tingkat nasional.

 “Salah satu  yang dilakukan untuk mempercepat lahirnya profesor dengan memberikan hibah kepada calon lulusan dan lektor kepala, untuk mereka bisa mempublikasi jurnal yang bisa terindeks Scopus. Jadi ada 300 lagi calon guru besar yang potensi di Unsyiah, saya yakin Insya Allah tahun 2020 yang akan datang kita bisa memiliki 100 guru besar di Unsyiah, “ ujarnya.

Soraya

Komentar

Tampilkan

Terkini