Iklan

Norwegia Surga Dunia Untuk Orang Cacat

Rabu, 17 Oktober 2018, Oktober 17, 2018 WIB Last Updated 2018-10-17T05:32:06Z

Norwegia- Ada keunikan tersendiri dalam kehidupan warga cacat di Norwegia, meski kondisi tubuh sudah tidak dapat difungsikan untuk berjalan dan bepergian, tetapi tidak demikian untuk mereka, semua aktivitas sehari-hari masih dapat dilakukan secara normal.


Mereka bisa pergi ke kantor, bekerja, belanja di mol, tanpa membutuhkan bantuan orang lain, semua itu tidak terlepas dengan adanya teknologi kursi roda bermesin yang bisa membawa warga Norwegia kemana saja.

Kursi roda ini layaknya seperti mobil berjalan saja, mereka yang mengalami kondisi fisik cacat cukup duduk diatas kursi, lalu menekan sebuah tombol untuk membuat kursi itu berjalan kemana diperlukan.

Cacat tubuh ternyata tidak mampu membunuh kreativitas warga di Norwegia, dijalanan umumpun, bahkan dijalan Highway sekalipun,  mereka masih terlihat bisa mengemudi dengan mobil khusus untuk orang cacat yang berukuran kecil.
mobil untuk orang cacat

Pemerintah Norwegia secara khusus memperhatikan lebih banyak kebutuhan untuk warga mereka yang mengalami cacat, mereka memiliki lembaga khusus yang menyediakan kebutuhan teknologi untuk warga, termasuk kebutuhan orang cacat.

Negeri ini punya perhatian lebih untuk mereka yang kurang beruntung dalam kehidupan, subsidi kepada mereka diberikan lebih banyak, termasuk untuk penyediaan mobil khusus oleh pemerintah, bahkan perawatpun disediakan.

Seorang warga yang tinggal dikota Sandnes mendapatkan bantuan sebuah mobil Mercedes Benz untuk digunakan putranya yang mengalami keterbelakangan mental, pemuda yang masih kelihatan seperti bayi itu duduk diatas kursi roda, yang kemudian didorong kedalam mobil lewat sebuah alat khusus.

Untuk memudahkan aktivitas, pemerintah juga membantu membangun Lift khusus didalam rumah, yang bisa membantu pergerakan warga dari kamarnya ke ruang tamu dan ruang makan yang terletak dilantai dua.

Untuk pelayanan kesehatan, petugas segera datang kerumah walau ditengah malam buta untuk memberi perawatan kepada warga yang kondisinya demikian.

Tarmizi Alhagu


Komentar

Tampilkan

Terkini