Iklan

Abu Paya Pasie Ketua MUNA

Senin, 03 Desember 2018, Desember 03, 2018 WIB Last Updated 2018-12-03T06:39:23Z


Banda Aceh-Musyawarah Besar (Mubes) Majelis Ulama Nanggroe Aceh (MUNA) yang digelar di
Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh, selama 3 hari pada 28-30 November 2018 berlangsung sukses dengan terpilihnya Abu Paya Pasie sebagai Ketua Umum Periode 2018-2023, sedangkan Ketua I terpilih Abu Ali Basyah Usman.

Mubes ditutup oleh Wali Nanggroe Tgk Malik Mahmud Al-Haytar pada Jumat, 30 November 2018. Adapun tema yang diangkat kali ini, “Dengan pelaksanaan Mubes ke-III MUNA diharapkan dapat memperkuat dan menjalankan pelaksanaan Dinul Islam di Nanggroe Aceh”.

Ditemui media ini usai penutupan, Wali Nanggroe Tgk Malik Mahmud Al-Haytar mengatakan bahwa MUNA memiliki peran besar untuk menyatukan Umat Islam di Aceh dalam satu perjuangan yang suci.

Dia berharap Rakyat Aceh dapat maju dalam semua lini sesuai dengan hasil perjuangan ulama. “Islam di Aceh sudah berakar, kita tingkatkan supaya Aceh ini tetap dapat menjalankan Syariat Islam dengan baik, “ ucapnya.

Sementara itu Anggota DPRA Dr Hj Mariati, mengatakan MUNA yang merupakan bagian dari Partai Aceh diharapkan ke depan dapat berbuat lebih baik, dan berkembang sebagai Organisasi Islam jadi Dinul Islam Nanggroe Aceh.

Dirinya sangat mendukung dari sisi anggaran agar kegiatan serupa diprioritaskan untuk menggerakkan kepentingan Islam di Aceh. Sebagai Anggota DPRA dari Partai Aceh Ia ingin kegiatan tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan, lanjutnya.

“Paling penting memberikan penjelasan pelaksanaan Syariat Islam kepada masyarakat itu sosialisasi dalam bentuk pendidikan, workshop. Bukan orang-orang itu saja kepada masyarakat juga, apalagi saat ini banyak pemuda terpengaruh dengan narkoba luar biasa sehingga perlu upaya untuk mencegah, “ urai Mariati.

Sekretaris Panitia Tgk Sofyan Yusuf S Pd M Pd, menjelaskan rangkaian kegiatan Mubes sekaligus digelar seminar kajian tingkat tinggi internasional dengan menghadirkan Dr Ibrahim Saleh dari Pattani Thailand, yang memaparkan tentang peran pemuda Islam dalam menjalankan Syariat Islam di Aceh. Sedangkan pemateri lokal yang awalnya menampilkan Abu Madinah digantikan oleh Tgk Suryadi tentang “Bagaimana membangun ahklak generasi muda Islam di Aceh”, tambahnya.

“Mubes yang berlangsung 28-30 November berjalan tertib aman walaupun ada interupsi. Alhamdulillah dapat berjalan dengan baik dan secara aklamasi tertutup terpilih Almukaram Abu Paya Pasie sebagai Ketua MUNA Pusat. Kita berharap dengan terpilihnya ketua, MUNA dapat lebih maju dan program-program diusulkan dari 23 kabupaten/kota berhubungan dengan pendidikan, syariat, muamalah atau kegiatan-kegiatan yang lain dapat berjalan, “ demikian paparnya.

Soraya
Komentar

Tampilkan

Terkini