Iklan

Darwati Mengajak Deteksi Kanker Sejak Dini

Selasa, 04 Desember 2018, Desember 04, 2018 WIB Last Updated 2018-12-04T08:50:02Z


Banda Aceh-Penderita kanker di Aceh semakin hari semakin meningkat, oleh karena itu masyarakat harus lebih peduli dengan melakukan pencegahan sejak dini dengan melakukan deteksi atau pemeriksaan sebelum stadium lanjut, demikian anjuran Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Aceh, Darwati A Gani saat ditemui media ini di Anjong Mon Mata Banda Aceh, Sabtu (1/12).

Sebelumnya Komunits pendamping para penyandang Thalassemia Darah Untuk Aceh (DUA) bekerjasama dengan Rumah Sakit Spesialis KPJ Tawakal Spesialist Hospital Kuala Lumpur Malaysia dan YKI Aceh menggelar seminar dengan tema “Kanker, Apa dan Bagaimana”  yang dibuka langsung oleh Ketua Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Aceh, Darwati A Gani

Kegiatan tersebut diikuti 500 peserta, dengan menghadirkan narasumber Dr Faisal Bin Mohd Fadzli dengan judul  “Mengapa Anak Bisa Kena Kanker”, Dr M Riswan Sp PD-KHOM-FINASIM dengan judul “Kanker Pada Wanita” , dan Alfridsyah S KM M Kes dengan judul “Nutrisi Bagi Penderita Kanker”.

Menurut Darwati, acara seminar membahas kanker harus sering dilakukan untuk menambah ilmu pengetahuan bagi masyarakat, dengan ilmu yang diperoleh dapat membuat peserta tergerak untuk menjalankan pola hidup sehat.

“Kanker sudah semakin banyak terjadi di Aceh, berharap masyarakat lebih kenal kanker secara dini. Dengan deteksi dini atau pemeriksaan masih bisa disembuhkan kalau pasien datang masih stadium awal masih ada harapan untuk sembuh. Tapi rata-rata saat ini pasien kanker berobat sudah stadium lanjut, anak-anak juga seperti itu, hanya sedikit sekali yang bisa disembuhkan, “ ujarnya prihatin.

Lebih lanjut, dia menuturkan kasus penyakit kanker di Aceh tergolong tinggi, terutama kanker payudara menyebabkan kematian tertinggi setelah urutan pertama kanker serviks. Dirinya menghimbau mewaspadai kanker tidak hanya tanggung jawab YKI, juga tanggung jawab bersama untuk melakukan pencegahan.

Lantas apa yang dilakukan Darwati untuk mencegah kanker ? “Membiasakan pola hidup sehat, makan seimbang tidak terlalu berminyak. Paling penting rutin olahraga dan banyak minum air putih, “ jawabnya.

Soraya
Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+