Ads (728x90)




Banda Aceh-Beberapa tahun terakhir ini kasus kebakaran di Kota Banda Aceh mengalami penurunan, hal ini seiring dengan semakin meningkatnya kualitas layanan penanggulangan bencana kebakaran. Demikian ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh M Nurdin S Sos, saat dijumpai Harian Moslem di ruang kerjanya di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Banda Aceh pada Rabu, 20 Februari 2019.

Dia berharap dengan upaya bersama, dengan semua pihak mampu mengatasi peristiwa kebakaran, yakni bisa membantu masyarakat mengurangi kerugian, baik harta benda dan korban jiwa.

“Kita menawarkan akses bentuk kerjasama dengan masyarakat berupa pelatihan dan simulasi secara gratis kepada dunia usaha, yang selama ini mengeluarkan cost yang besar. Sediakan saja peralatan untuk pelatihan, kami akan hadir memberikan teori, praktik dan demo menanggulangi kebakaran, “ ujarnya.

Lebih lanjut, Nurdin menerangkan secara corporate layanan DPKP Banda Aceh sudah mampu menjangkau ke Aceh Besar hingga 60 %. Dengan alasan tugas kemanusiaan menurutnya tidak masalah ikut menangani, sementara Banda Aceh semua kawasan mampu dilayani dengan adanya 5 pos, 1 pos induk dan 4 pos pembantu, dengan jarak radius terjauh tidak lebih dari 5 kilometer, jelasnya.



“Kalau standar nasional SOP pada saat kebakaran, terima pengaduan respon time-nya 15 menit, Kota Banda Aceh dapat kita jangkau tidak lebih dari 10 menit. Dari segi armada masih membutuhkan kendaraan pemadam untuk memadamkan api di kawasan pemukiman. Kita memerlukan armada kapasitas kecil karena akan masuk lorong, kebanyakan kita memiliki armada besar dengan kapasitas diatas 5000 liter, jalan kecil agak terbatas hanya memiliki 1 unit kecil, kita butuh 4 unit lagi untuk setiap pos minimal ada 1, “ paparnya.

Sementara untuk peralatan kerja yang masih terbatas akan dilengkapi secara bertahap, menurutnya capaian selama ini semua kejadian kebakaran dari bangunan, lahan, boat telah mampu ditangani dengan baik, dan sampai saat ini belum ada korban jiwa, tutur pria asal Pidie ini.

“Pada tanggal 4 Maret nanti rencananya akan memperingati 100 tahun HUT Pemadam Kebakaran dengan sejumlah agenda. Sekaligus mengenalkan layanan Call Center Damkar 0651-113, masyarakat banyak yang tidak tahu dengan sering kita informasikan agar sudah hafal, “ pungkasnya.

Soraya



Posting Komentar