Ads (728x90)



Banda Aceh-Berbagai macam produk ditampilkan pada even Aceh UMKM Expo 2019 yang digelar di Area Kantor Dinas Koperasi dan UKM Aceh, seperti sabun herbal atau natural handmade soap yang hadir di Stand Lhokseumawe. Sabun produksi Hj Nanda Sukmawati SKM MSM tersebut menawarkan keunggulan terbuat dari bahan alami, dan bisa melembabkan kulit dengan kandungan nutrisinya.

Ditemui media ini pada Sabtu (23/11), Nanda menjelaskan usahanya berawal dari kebutuhan sendiri, lalu mencoba untuk memproduksinya sendiri dengan menggunakan bahan-bahan seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak jarak dan NaOH secara manual mengunakan cold process atau tanpa dimasak.

“Pembuatannya lumayan lama, karena setelah diproses dan dicetak, harus didiamkan selama satu setengah bulan agar pH (tingkat keasaman) normal dan sabun benar-benar keras. Sabun ini sudah lolos Uji Laboratorium dari Baristan Aceh dan sudah memiliki Sertifikasi Halal dan saat ini sedang proses perizinan Sertifikasi BPOM, “ paparnya.

Saat ini pemasaran secara online sudah menjangkau ke seluruh Aceh, sementara produknya selain soap bar, ada sabun transparan, liquid soap, dan sabun cuci piring dari biosurfaktan sawit dengan aroma sereh.

“Varian produk sabun natural ada 22 jenis, yang paling banyak diminati saat ini adalah Charcoal atau Arang Bambu dan Moringa atau Daun Kelor. Saya ingin usaha ini bisa berkembang terus, “ jelasnya.


Soraya







Posting Komentar