Iklan

Ciptakan Ketahanan Pangan Mandiri Brimob Kelola Lahan Pertanian

Rabu, 03 Juni 2020, Juni 03, 2020 WIB Last Updated 2020-06-03T11:21:26Z

Redelong - Dampak yang timbulkan akibat pandemi Covid-19 sejak beberapa bulan lalu begitu kompleks, hingga seluruh sendi kehidupan mengalami perubahan khususnya dari sisi perekonomian, dan ketersediaan pangan. Hal ini terjadi akibat ada pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah selama pandemi Covid-19.

Langkah ini terpaksa dilakukan pemerintah untuk memutus, dan mencegah penyebaran Covid-19. Dengan kondisi seperti saat ini perlu dilakukan langkah-langkah nyata untuk menciptakan ketahanan, dan ketersediaan pangan secara mandiri untuk antisipasi dan cadangan pangan.

Demikian jelas Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Aceh AKBP Ahmad Yani melalui Komandan Kompi 3 Batalyon B Pelopor Iptu M Yhsan SA pada Rabu

"Kompi Brimob Bener Meriah mulai memanfaatkan, dan mengembangkan lahan yang berada di sekitar Mako, untuk menciptakan dan menambah ketersediaan serta ketahanan pangan, " terangnya.

"Kita kembangkan tanaman ubi jalar, kentang dan singkong di lahan seluas lebih kurang  hektar. Tanaman jenis tersebut kita tanam, karena cocok dengan kondisi alam di Bener Meriah selain perawatannya mudah, masa panennya juga tidak terlalu lama, " imbuhnya.


Kegiatan tersebut sebagai bentuk kontribusi Kompi Bener Meriah terhadap program pemerintah, terkait menciptakan ketahanan pangan secara mandiri sebagai langkah kongkrit, untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga hingga lingkup dusun ataupun desa, tambahnya.

'Upaya pengembangan ketahanan pangan ini kita rintis sejak beberapa waktu lalu. Kita berharap, hasil panennya tidak hanya dapat untuk memenuhi ketahanan pangan keluarga asrama Brimob Bener Meriah saja, namun juga dapat memenuhi pangan untuk warga sekitar Kompi, " harapnya.

"Kita berupaya untuk memperluas lahan pertanian, dan akan mencoba mengembangkan jenis tanaman lain yang cocok dengan kondisi alam di sini. Ini wujud bhakti Brimob Aceh untuk masyarakat, dalam menciptakan ketahanan pangan mandiri selama pandemi Covid-19, " ujarnya.

"Pengelolaan lahan pertanian dan perawatan tanaman dilakukan oleh personil Kompi Bener Meriah. Kita juga akan mengajak warga sekitar untuk bersama-sama memperluas, dan menciptakan ketahanan pangan mandiri guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini juga dapat meningkatkan perekonomian warga, demikian pungkas Yhsan.

Red
Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+