Iklan

Menlu AS bertemu dengan Patriark Ortodoks Istanbul

Rabu, 18 November 2020, November 18, 2020 WIB Last Updated 2020-11-18T13:17:59Z



Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo (kanan) bertemu dengan Fener-Greek Patriarch Bartholomew I (tengah) di Istanbul, Turki 17 November 2020. (İsa Terli - Anadolu Agency )

Gulsum Incekaya

ISTANBUL

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengunjungi Patriark Ortodoks Yunani dari Istanbul Bartholomew I pada hari Selasa.

Pertemuannya dengan patriark berlangsung di Patriarkat di distrik Fatih, Istanbul dan berlangsung sekitar 80 menit secara tertutup.

"Kehormatan bagi saya untuk bertemu dengan Yang Mulia Patriark Ekumenis Bartholomew I, dan mengunjungi Gereja Patriarkal St. George hari ini. Sebagai pemimpin dunia Ortodoks, Patriarkat Ekumenis adalah mitra kunci, kami terus memperjuangkan kebebasan beragama di seluruh dunia," cuit Pompeo setelah pertemuan tersebut.

Didampingi oleh delegasi yang terdapat istrinya Susan Pompeo dan Duta Besar AS untuk Turki David Satterfield, Pompeo juga mengunjungi Katedral St. George.

Setelah pertemuan tersebut, Pompeo dan delegasinya mengunjungi Masjid Rustem Pasha yang bersejarah di distrik Eminonu.

"Terharu oleh keindahan menakjubkan Masjid Rustem Pasha. Komitmen Amerika terhadap kebebasan beragama tidak akan goyah; semua orang harus diizinkan untuk menjalankan keyakinan mereka secara terbuka dan bebas, di tempat-tempat ibadah seperti ini," tulis Pompeo lagi.

Kunjungan Pompeo ke Istanbul adalah bagian dari program kunjungan luar negeri ke tujuh negara yang dimulai pada Senin di Prancis. Negara tujuan selanjutnya adalah Georgia.

Komentar

Tampilkan

Terkini