Gubernur Aceh Pantau Penerapan Protokol Kesehatan di Sekolah,

Kamis, 07 Januari 2021, Januari 07, 2021 WIB Last Updated 2021-03-26T10:42:37Z



Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, didampingi Plt. Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri, meninjau penerapan protokol kesehatan di SMA Negeri 1 Banda Aceh, Kamis (7/1/2021).




Banda Aceh – Gubernur Aceh Nova Iriansyah memantau penerapan protokol kesehatan Covid-19 di sejumlah sekolah di Banda Aceh, Kamis (7/1/2021). Kunjungan dilakukan Nova secara mendadak untuk melihat langsung ektifitas belajar-mengajar di tengah pandemi Covid-19.


Gubernur yang didampingi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Al Hudri, memulai kunjungannya ke SMAN 1 Banda Aceh yang terletak di kawasan Blang Padang.


Gubernur tiba di SMAN 1 pukul 12.30 dan disambut Kepala SMAN 1 Banda Aceh, Usman. Gubernur Nova segera meninjau sejumlah ruang kelas di mana poses belajar-mengajar secara tatap muka sedang berlangsung.


Gubernur Nova mengapresiasi kondisi di ruang kelas di mana para siswa dan guru tampak mengenakan masker. Selain itu jarak duduk antar siswa juga diatur menyesuaikan standar protokol kesehatan.


Gubernur Nova pada kesempatan itu juga menyapa para siswa dengan bertanya pengetahuan mereka tentang protokol kesehatan.


“Ada yang tahu apa itu 3 M?” tanya Gubernur yang kemudian dijawab serentak oleh para siswa.

“3 M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ujar siswa serentak.


Gubernur Nova mengingatkan siswa untuk serius mengamalkan 3 M demi menghindari penularan Covid-19. Selain penerapan 3 M, lanjut Gubernur, para siswa juga harus membiasakan diri menjaga kebersihan diri dan lingkungan.


Secara khusus Gubernur juga berpesan agar para siswa tidak berkerumun dalam setiap momen di sekolah, baik di dalam kelas maupun saat jam istirahat di kantin. “Termasuk saat pulang sekolah, tidak boleh keluyuran,” pesan Gubernur.


Ketidakdisiplinan siswa dalam menjaga protokol kesehatan, lanjut Gubernur, tidak hanya berdampak pada siswa itu sendiri. Tetapi juga akan membahayakan keluarga mereka.


“Jangan keluyuran karena kalau kalian terpapar, kalian akan membawa pulang virus ke rumah. Sayangi orang tua di rumah,” ujar Gubernur.


Peninjauan proses belajar-mengajar juga dilanjutkan ke SMK 2 Banda Aceh di kawasan Lhong Raya. Di sana Gubernur disambut Kepala Sekolah, Muhammad Husein dan sejumlah dewan guru.


Di SMK 2 Gubernur juga tampak memeriksa kesiapan sekolah dalam menggelar proses belajar-mengajar di tengah pandemi Covid-19. Gubernur meninjau sejumlah fasilitas pencuci tangan yang disediakan di berbagai titik di sekolah. Gubernur juga memantau beberapa ruang belajar siswa dan meminta mereka untuk tidak abai terhadap protokol kesehatan.


“Hal paling sederhana namun sangat besar manfaatnya di tengah pandemi Covid-19 adalah menerapkan protokol kesehatan. Jangan pernah bosan menerapkan 3 M,” pesan Gubernur.


Pada kesempatan itu Gubernur juga menyemangati para siswa untuk rajin belajar demi mencapai cita-cita di masa depan.


Red

Komentar

Tampilkan

Terkini