Warga Jantho Berhenti Beternak Sapi Akibat Rumput Tak Tumbuh Dimusim Kemarau

Rabu, 26 Mei 2021, Mei 26, 2021 WIB Last Updated 2021-06-19T07:21:44Z

 

 


Jantho- Ibrahim warga Jantho kini tidak lagi memelihara sapi, lelaki paruh baya itu kewalahan mencari rumput bila musim kemarau tiba, sehingga dia tidak mampu memenuhi pakan untuk dua ekor ternaknya, akibatnya dia terpaksa menjual semua sapinya.



“Bila tiba musim kemarau saya harus mencari rumput ketempat yang jauh, rumput disekitar sini mengalami kekeringan,  saya harus mencari rumput didaerah rawa-rawa yang masih tumbuh, terkadang untuk mengurus diri saya sendiripun sudah tidak sempat lagi, kata Ibrahim.

                                                     



https://youtu.be/sX43mkGbuYE?t=18

Akibat tidak ada rumput yang tumbuh pada musim kemarau, sapi-sapi warga desa Weu menjadi kurus, mereka harus bekerja ekstra mencari rumput ke daerah rawa yang jauh bila tidak ingin sapinya makin kurus lagi.

 





https://youtu.be/cDWP2k5O3lA   











Desa Weu tempat Ibrahim tinggal hanya berjarak sekitar 5 kilo meter dari pusat kota Jantho, Aceh Besar,  desa ini berbatas dengan sebuah sungai besar yang mereka sebut Krueng Jantho  disebelah timur,  namun warga desa Weu mengalami kesulitan air untuk pertanian mereka, akibat pemerintah tidak membangun irigasi.

 

Warga desa Weu hanya dapat menanam padi satu kali dalam setahun, padahal kalau mereka memiliki irigasi pendapatan masyarakat akan bertambah dengan hasil panen padi 2 kali dalam setahun.

 

Ibrahim mengatakan mereka sudah berulang kali meminta irigasi kepada pemerintah, tetapi sampai saat ini masih diabaikan, ujar penduduk di kaki pegunungan Seulawah itu.

 

Penduduk desa Weu sebagian berhasil menanam sawit didaerah bantaran sungai, dilokasi daerah aliran sungai itu masih memiliki air yang cukup untuk tanaman, namun bila jaraknya jauh sedikit, air semakin sulit diwilayah pedesaan dengan topografi pegunungan dan bukit itu.

 

Air kata Ibrahim menjadi kunci keberhasilan pertanian dan peternakan mereka, bila pemerintah tidak kunjung membangun irigasi, maka  penduduk akan semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.



Tarmizi Alhagu


Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+