Iklan

Kesehatan Sapi Milik Peternak di Aceh Besar Buruk

Jumat, 25 Juni 2021, Juni 25, 2021 WIB Last Updated 2021-06-25T10:43:20Z

 

https://youtu.be/cDWP2k5O3lA


Lam Ateuk- Sapi-sapi di Aceh Besar mengalami kesulitan pertumbuhan akibat tidak memiliki kandang yang bersih dan permanen, para peternak juga tidak mendapatkan perawatan kesehatan hewan oleh pemerintah,  demikian disampaikan oleh para peternak sapi di desa Cot Preh, Aceh Besar, Jum,at, 25/6. Di Lam Ateuk.

 https://youtu.be/MgKrR_s7lwA


Mereka menyebut bila ingin merawat sapi harus membayar kepada mantri  hewan, harganya sesuai jenis obat yang diberikan, demikian juga bila  sapinya disuntik hamil harus membayar Rp.80.000.

 

Kandang sapi milik peternak di Aceh Besar umumnya dalam kondisi kotor berlantai tanah, banyak kandang tidak memiliki dinding, sehingga sangat beresiko untuk kesehatan hewan, apalagi petugas yang membidangi kesehatan hewan dari pemerintah tidak pernah datang, bilapun datang karena dipanggil dan dibayar.

 

Seekor sapi di Cot Preh dengan umur lebih 4 tahun baru mencapai nilai jual 18 juta rupiah, hal ini berbeda dengan sapi milik peternak Zulkarnen di desa Weu, Jantho yang berusia  lebih 2 tahun sudah memiliki nilai jual Rp.16 juta.

 

Sapi milik Zulkarnen dipelihara dengan kandang yang bersih berlantai semen, sekelilingnya dilapisi dinding, peternak sapi ini juga rutin menjaga kesehatan sapinya dengan memberi obat. Sehingga hanya dalam tiga bulan harga sapi dikandangnya sudah medapatkan peningkatan nilai jual tiga juta rupiah.

 

Sementara sapi milik peternak Cot Preh dalam setahun pemeliharaan hanya mengalami peningkatan nilai jual lima juta rupiah.

 https://youtu.be/x5pAI6gvioU


Aceh  Besar memiliki peternak sapi yang cukup banyak, namun kesehatan hewan dan kondisi kandang sangat buruk, sehingga mengganggu pertumbuhan hewan.

 https://youtu.be/jSRBirEtOIo


Peternak juga memiliki masalah lain bila tiba musim kemarau, mereka kehilangan rumput untuk pakan sapi, rumput yang tumbuh liar dan rumput budidaya bila  hujan tidak turun  dalam waktu yang lama mengakibatkan rumput tidak tumbuh, kering bahkan mati.

 https://youtu.be/VfdM8QmhWxY


Masalah seperti itu sangat mengganggu para peternak sapi, kata Hamdani, seorang peternak sapi di desa Cot Preh.


 

Tarmizi Alhagu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Tampilkan

Terkini