Iklan

Buah Kakao Membusuk, Petani Tebang Semua Pohon Miliknya

Senin, 23 Agustus 2021, Agustus 23, 2021 WIB Last Updated 2021-08-28T05:04:43Z


https://youtu.be/33OXHzppy94 


 

Seulimum - Ratusan pohon kakou bergelimpangan diatas tanah, daunnya masih terlihat hijau, buah kakau kehitaman terlihat berserakan di bawahnya, sebagian masih menyangkut di dahan pohon, lainnya melekat di pangkal batang.

 

Begitulah suasana dikebun Sakdani, warga desa Teladan, Aceh Besar,  seisi  kebun kakou miliknya ditebang semua tanpa sisa,  akibat buah kakou itu membusuk , sehingga tidak bisa dipanen,  bertahun-tahun lelaki 53 tahun itu berupaya merawat kebunnya, tetapi sia-sia saja, buahnya tetap saja membusuk.

 

Diceritakan Sakdani, sudah lebih delapan tahun buah kakou di kebunnya diserang penyakit, mengakibatkan buah menjadi  hitam dan membusuk, daging dan bijinya menjadi keras,  mengkal tidak masak, sehingga tidak bisa dipanen.

https://youtu.be/XvWeBFCzLU4 


 

Pohon yang ditebangnya itu sudah berusia lebih dari 10 tahun,  namun berkali-kali gagal dia menangani serangan penyakit terhadap buah, walaupun sudah dicoba berbagai cara, termasuk dengan memangkas dahan, bahkan menanam pohon yang baru, namun semua terserang penyakit yang sama

 

Dia berharap pemerintah datang memberi bantuan, untuk menyembuhkan penyakit yang menyerang pohon kakou miliknya, tetapi harapan itu menjadi sia-sia, tidak ada unsur pemerintah yang datang, yang membuat dirinya mengambil kesimpulan untuk menebang saja semua pohon kakou.

 https://youtu.be/jg9qdP3VCeY 


Sakdani menanam sekitar 5-6 ha kakou di tiga kebun miliknya,  bila panennya berjalan normal, dia bisa panen Sekitar 800 kg setahun, namun dengan kondisi seperti sekarang dia hanya bisa panen dibawa 100 kg setahun.

 

Di kebunnya tidak hanya kakou yang mengalami pembusukan buah, hal yang sama juga menimpa tanaman pisang, dengan buah yang tidak mau masak, dengan kondisi daging masih keras,  demikian juga yang terjadi dengan tanaman jeruk milik Mucklis Basyah di Samahani, buah jeruk hasil panen di kebunnya dalam kondisi daging yang keras.

 

Kondisi seperti ini hampir merata dialami dikawasan Aceh Besar, dengan buah kakou dan pisang tidak bisa dipanen, akibat buah dagingnya keras tidak mau masak.


Tarmizi Alhagu

 

 

Komentar

Tampilkan

Terkini