Iklan

BI Aceh Gelar Kegiatan Pelatihan Integrated Farming dengan Teknologi MA-11

Kamis, 21 Juli 2022, Juli 21, 2022 WIB Last Updated 2022-07-24T17:12:34Z

 



Banda Aceh - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh (KPw BI Aceh) berkolaborasi bersama Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar menggelar kegiatan ‘Pelatihan Integrated Farming dengan Teknologi MA-11’ dalam rangka mendorong integrasi antara pertanian dan peternakan, khususnya sapi. Kegiatan tersebut berlangsung di Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, Rabu (20/7).


Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Achris Sarwani, serta Pj Bupati Aceh Besar yang diwakili oleh Makmun, Staf Ahli Ekonomi dan Pembangunan.


Kegiatan diisi oleh pemateri Dr Ir Nugroho Widiasmadi MEng yang merupakan dosen, praktisi, sekaligus penemu teknologi Microbacter Alfaafa (MA-11). 


Kegiatan ini mengundang antusiasme yang sangat besar dari para kelompok tani di daerah Aceh Besar, yang ditunjukkan dengan jumlah partisipan yang mencapai 50 petani dan sesi yang sangat interaktif. 


“Dengan adanya gebrakan teknologi MA-11 yang dapat mengurai mikroorganisme dengan sangat cepat dan baik, diharapkan petani dapat menyiapkan pakan ternak dan pupuk pertanian secara terintegrasi sehingga mengurangi sampah (waste). Hal ini juga dapat menjawab isu kelangkaan dan peningkatan harga pupuk yang kian menjadi concern di kalangan para petani” tutur Achris Sarwani.


Lebih lanjut, Nugroho menjelaskan bahwa penggunaan MA-11 dapat menekan biaya produksi 40 – 70%, meningkatkan hasil produksi hingga 100%, dan menghasilkan multiplier effect. 


Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para petani dapat meningkatan produktivitas (higher productivity), meningkatan akses pasar (market oriented), serta meningkatan kualitas dan nilai tambah (higher value added) dari produk yang dihasilkan. 


Lebih lanjut, setelah sesi pelatihan ini berlangsung, Nugroho dan tim akan tetap mendampingi dan menjalin komunikasi serta koordinasi dengan petani di wilayah Aceh Besar agar mencapai keberhasilan dan mencapai target yang telah ditetapkan.


Red

Komentar

Tampilkan

Terkini