Iklan

Pegawai UPTD Ayam Petelur Blang BIntang Gotong Royong Sekitar Kandang

Sabtu, 10 Juni 2023, Juni 10, 2023 WIB Last Updated 2023-06-11T01:39:04Z

 https://youtube.com/live/ou-pQxXeEhA






 

Bandah Aceh - Asyik ngumpulin  pundi-pundi Rupiah dari ayam petelur, UPTD Peternakan Ayam Blang Bintang,  lupa lingkungan kandang sudah berubah menjadi semak belukar. Akibatnya mereka harus bergotong royong membersihkan sekitar kandang pada  Jum,at  pagi, (09/06) di Blang Bintang, Aceh Besar.

 

Terlihat ada belasan pegawai Dinas Peternakan Aceh sedang bekerja membabat rumput. Mereka terlihat membakar tumpukan semak yang telah dibersihkan itu.

 https://youtube.com/live/DwE_qPpRgO8

drh Yessy  Fandipa, MM



Kepala BLUD UPTD BTNR drh Yessy  Fandipa, MM,  yang datang setelah lokasi itu bersih menjelang shalat Jum,at, mengatakan mereka tidak punya anggaran khusus untuk membersihkan semak, karena itu harus bergotong royong, kata dia.

 

UPTD Ayam Petelur Dinas Peternakan Aceh memiliki kandang di perbukitan Blang Bintang, berjarak sekitar  4 kilometer di belakang  Bandara Sultan Iskandar Muda. mereka membangun kandang dari rangkaian besi pada beberapa barak.

 

Kandang ini berbeda dengan kandang di Saree dengan peralatan yang lebih modern. Kandang Blang Bintang hanya memiliki atap tanpa dinding yang melindungi terpaan angin kencang, yang sering datang dari arah utara langsung masuk ke dalam kandang.

 

Kondisi kandang juga penuh dengan kotoran ayam, yang berada di bawah kolong. Baunya menyengat ke dalam hidung,  Yessi Fandipa mengatakan, mereka belum bisa memproses kotoran ayam itu, hanya kalau ada warga yang membutuhkan, kotoran ayam dipersilahkan untuk diambil.

 

Yessy mengatakan tidak jauh dari lokasi peternakan ayam Blang Bintang, ada perkebunan yang sedang dikembangkan oleh Dinas Pertanian Dan Perkebunan Aceh, namun mereka belum terlihat mengambil kotoran ayam dari UPTD Ayam Petelur Blang Bintang.

 

Dia mempersilahkan siapa saja membutuhkan kotoran ayam untuk pupuk, mengambil di UPTD Blang Bintang.

 

Tarmizi Alhagu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+