Pemugaran Pesawat Pertama RI 001 Seulawah Diresmikan

Selasa, 01 Mei 2018, Mei 01, 2018 WIB Last Updated 2018-05-01T14:51:53Z

Banda Aceh-Pemugaran Replika Pesawat Pertama RI 001 Seulawah diresmikan di Lapangan Blang Padang pada Selasa, 1 Mei 2018. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti di depan Pesawat Seulawah dilakukan oleh Walikota Banda Aceh H. Aminullah Usman, Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansury, dan Direktur Utama Garuda Maintenance Facility (GMF) Iwan Joeniarto.

Direktur Utama GMF Iwan Joeniarto mengatakan pihaknya merasa memiliki tanggung jawab untuk melestarikan sejarah penerbangan Indonesia. “Sebagai salah satu pelaku industri aviasi dalam negeri, GMF merasa perlu untuk melestarikan sejarah aviasi tanah air. Pesawat Seulawah ini merupakan kontribusi rakyat Aceh untuk Indonesia, “ ujar Irwan.

Kondisi Replika Pesawat Seulawah yang terletak di Blang Padang, Banda Aceh kini telah kembali mulus setelah sebelumnya replika pesawat ini kondisinya memprihatinkan. Tampak banyak korosi pada badan pesawat karena faktor usia dan cuaca, sedangkan kaca pesawat banyak yang pecah karena kurang terawat. Replika Pesawat Seulawah Dakota DC 03 yang memiliki panjang 19,66 m dan rentang sayap 28,96 m ini dibuat menyerupai pesawat aslinya lengkap dengan instrumen kokpit dan kabin penumpang.

Iwan menjelaskan pemugaran yang dilakukan GMF sejak 2 April 2018 ini meliputi penggantian pintu dan jendela, perbaikan korosi pada badan dan sayap pesawat, ekor pesawat dan pengecatan pesawat seperti warna aslinya.

Lebih lanjut pihaknya mengapresiasi keterlibatan para Siswa SMK Penerbangan Banda Aceh. “Kami memberikan kesempatan kepada para siswa terbaik untuk secara langsung melakukan praktik kerja perbaikan pesawat bersama para teknisi ahli kami, “ pungkas Irwan.

Soraya

Komentar

Tampilkan

Terkini