Iklan

Sapi Kurus Di Sare Mulai Pulih

Senin, 09 November 2020, November 09, 2020 WIB Last Updated 2020-11-09T12:43:53Z



Aceh Besar – Gubernur Aceh Nova Iriansyah, mengapresiasi keberhasilan Dinas Peternakan Aceh dalam mengatasi mismanajemen atau kekeliruan penanganan sapi-sapi di Unit Pelaksana Teknis Daerah Inseminasi Buatan dan Inkubator (UPTD IBI) Dinas Pertanian Saree. Saat ini, sapi-sapi yang terlihat kurus pada kunjungan kerja Juni lalu terlihat kurus sudah mulai kembali ke bobot ideal.

“Selamat Pak Kadis, terus pertahankan dan tingkatkan dan jangan sampai terulang lagi,” ujar Nova kepada Rahmandi, Selaku Kadis Peternakan Aceh, yang turut mendampingi Gubernur, saat berkunjung ke UPTD Saree, Minggu (8/11/2020).

Hari ini, sambung Nova, kita bersyukur karena sapi-sapi di UPTD yang saat kunjungan kita Juni lalu bobotnya menurun atau kurus karena kekeliruan manajemen sudah kembali ke bobot ideal. Pasca kunjungan Juni, kita terus melakukan langkah perbaikan dan lakukan treatment pada sapi-sapi tersebut. Hari ini Alhamdulillah, hampir semuanya sehat kembali, sudah gemuk.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga mengungkapkan, bahwa UPTD IBI Saree adalah salah satu UPTD yang paling besar menghasilkan Pendapatan Asli Aceh atau PAA.

“UPTD Saree adalah salah satu penyumbang PAA terbesar, lebih dari 1 miliar. Target semua dalam satu kurun program sebesar Rp3,7 miliar. Mudah-mudahan UPTD ini bisa jadi primadona bagi PAA. Dan, tentu saja kita berharap tidak ada mismanajemen lagi, sehingga kejadian sapi kurus, bahkan beberapa ekor sapi mati kala itu tidak terulang lagi,” kata Nova berpesan.

Dinas Peternakan, lanjut Nova, tidak hanya menghindari mismanajemen tetapi harus meningkatkan kinerja.

“Terus tingkatkan kinerja, sehingga sapi-sapi ini bisa mencapai bobot maksimal. Yang terpenting tentu saja bisa membantu masyarakat dan kelompok ternak. karena sapi yang dijual di sini harganya relatif lebih murah dari harga pasaran,” pungkas Gubernur.

Didampingi Kadis Peternakan, Gubernur Aceh meninjau sejumlah ke setiap kandang sapi. Didampingi petugas UPTD, Gubernur juga melakukan Inseminasi Buatan, pada sapi indukan jenis Frissian Holstein, di UPTD IB Saree Aceh Besar.

Redaksi

Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+