Dinas Koperasi dan UKM Aceh Akan Percepat Modernisasi Koperasi di Aceh

Selasa, 11 Januari 2022, Januari 11, 2022 WIB Last Updated 2022-01-15T02:32:03Z

 



Banda Aceh - Dinas Koperasi dan UKM Aceh akan mempercepat proses modernisasi koperasi dengan mendigitalisasi semua aspek utama yang ada pada lembaga koperasi.


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh Helvizar mengatakan, salah satu aspek utama parameter koperasi modern itu terdigitalisasi mulai dari keanggotaan, laporan pertanggungjawaban, mekanisme rapat dan lain sebagainya.


“Kita mempercepat bagaimana koperasi itu bisa sampai pada tahap yang modern,” kata Helvizar Ibrahim, pada Senin (10/1/2022).


Helvizar menuturkan, saat ini pihaknya sedang berusaha melakukan persiapan terhadap beberapa koperasi untuk berubah menjadi modern, dengan mematangkan keanggotaan, sampai laporan keuangannya.


Saat ini, kata Helvizar, pihaknya sedang menyiapkan lebih kurang lima koperasi agar bisa sesuai dengan aspek yang telah ditentukan. Sehingga nantinya koperasi tersebut nantinya bisa aktif kembali melahirkan yang baru.


“Saya kira ini menjadi langkah progresif ditahap awal kita menyesuaikan dengan Jakarta. Karena Jakarta merumuskan ini dan kita menyesuaikan itu,” ujarnya.


Helvizar menjelaskan, karena koperasi di Aceh selama ini banyak yang terhambat karena rapat anggota tahunan kurang berjalan. Kemudian, laporan keuangannya juga secara manual dikumpulkan satu per satu, karenanya perlu segera digitalisasikan.


“Nanti ketika sudah menemukan platform yang clear, kita akan bisa lebih kencang lagi bagaimana koperasi kita lebih banyak jumlah yang modern itu,” pungkas Helvizar. 


Red


Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+