Amal Hasan Bankir Ketua Alumni Para "Bupati Aceh"

Sabtu, 30 Juli 2022, Juli 30, 2022 WIB Last Updated 2022-07-30T05:40:58Z

 

   


 

Banda Aceh - Hidup memang punya cerita sendiri. Setiap orang memiliki ceritanya masing-masing pula, bagai irama musik dalam kehidupan. Setiap orang mengikuti  nadanya, mengikuti cita-citanya, walau tak seorangpun  tahu akan bagaimana dirinya dimasa depan.

 

Demikianlah pula dengan seorang laki-laki yang bernama  Amal Hasan. Meski dirinya kini menduduki  karir mentereng sebagai Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh Syariah, Amal ternyata memulai perjalanan kehidupannya dengan tidak mudah.

 

Dia terlahir pada 1 Oktober 1968 di sebuah desa yang kini masuk dalam wilayah Kota Calang, Kabupaten Aceh Jaya. Kala itu Aceh Jaya masih berada dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat.  Kemudian dia memutuskan hijrah dari kampungnya, untuk menempuh pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Atas.

 

Amal menempuh perjalanan darat ke ibu kota Propinsi Aceh, pada saat wilayah Barat dan Selatan Aceh belum terbebas dari rakit. Dia kemudian diterima pada SMA Negeri 5 Lampineung, Banda Aceh. Sebuah sekolah pinggiran yang tidak populer pada masa itu, sekolah yang dipilih oleh anak-anak yang berasal dari luar kota.

 

Siapa sangka ternyata disitulah Amal Hasan ditempa. Dari sebuah sekolah yang melahirkan lima orang Bupati di Aceh pada saat bersamaan, yang berasal dari sekolah yang tidak diminati pada masanya. Berubah menjadi sebuah sekolah yang melahirkan tokoh-tokoh  sukses di Aceh.

 

Ke lima Bupati itu adalah Bupati  Aceh Jaya Teuku Irfan TB, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali,  Bupati Aceh Tenggara Raidin Pinem dan PJ Walikota Banda Aceh Bakri Sidiq,  juga mantan Bupati Abdya Jufri Hasanuddin.

 

Amal Hasan sendiri menjadi Ketua Alumni SMA Negeri 5 Banda Aceh, tempat asal semua Bupati dan Walikota itu menempuh pendidikan Menengah Atas. Selain ketua dari para Bupati,  Amal juga menjadi ketua para tokoh politik dan para petinggi birokrasi Aceh yang pernah bersekolah di SMAN 5 Lampineung.

 

Begitulah perjalanan hidup Amal Hasan, meski di masa mudanya pernah gagal dalam pendidikan akademi militer. Namun di akhir perjalanan Amal berada dipuncak kejayaan di Bank Aceh Syariah, dan ketua alumni sekolah bergengsi SMAN 5 Banda Aceh, juga Ketua Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (USK).

 

Tarmizi Alhagu

 


Komentar

Tampilkan

Terkini