Iklan

Pengadilan Tinggi Banda Aceh kembali Jatuhkan Hukuman Mati Kepada 5 Terdakwa Narkotika

Selasa, 17 Januari 2023, Januari 17, 2023 WIB Last Updated 2023-01-17T12:21:02Z

 



Banda Aceh – Memulai tahun 2023, Pengadilan Tinggi Banda Aceh (PT BNA) kembali memutuskan 5 (lima) Perkara Narkotika yang Terdakwanya layak dihukum mati. Hukuman mati tersebut diputuskan  setelah Majelis Hakim Tinggi atau Tingkat Banding memeriksa dan mengadili berkas perkara limpahan dari Pengadilan Negeri.

 

Kelima Perkara Narkotika tersebut berasal dari PN Idi yang yaitu didakwakan dengan Pasal yang sama, yaitu Pasal 114 ayat (2) Juncto Pasal 132 ayat (2) sebagai Dakwaan Primer dan Pasal 112 ayat (2) Juncto Pasal 132 ayat (2) sebagai Dakwaan Subsider yang merujuk pada UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

 

Putusan PT BNA terhadap kelima perkara tersebut diputus dengan amar telah dinyatakan secara sah, dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana narkotika secara tanpa hak atau melawan hukum menerima dan menjadi perantara dalam jual beli Narkotika Golongan I dalam bentuk bukan tanaman secara terorganisasi. Ini berarti kejahatan tersebut dilakukan oleh suatu kelompok terstruktur yang telah ada untuk suatu waktu tertentu dan bertindak bersama dengan tujuan yang sama.

 

Barang bukti yang banyak jumlahnya sangat mengkhawatirkan mental dan moral generasi muda menjadi salah satu alasan utama dijatuhkannya hukuman mati tersebut. Hukuman tersebut dijustifikasi oleh Undang-Undang Narkotika yang mengatur jenis-jenis hukuman yang dapat dijatuhkan kepada terdakwa narkotika tergantung dari berat yang dibawa atau diedarkan.

 

Menanggapi hal ini, Ketua PT BNA Dr H Suharjono, SH M Hum. mengatakan, “Kami sangat concern terhadap kejahatan narkotika, karena kejahatan ini meracuni generasi bangsa untuk jangka panjang, " ujarnya.

 

 “Terus terang saya kaget dengan jumlah barang bukti yang ditemukan terkait perkara narkotika di Aceh, " imbuhnya.


"Sebagian besar perkara narkotika yang kami adili di PT BNA Aceh memiliki barang bukti yang jauh melebihi berat yang ditentukan menurut UU Narkotika, sehingga dapat dijatuhkan dengan hukuman berat mulai dari pidana seumur hidup hingga eksekusi mati. Hukuman berat ini diberikan dalam rangka pembelajaran bagi orang-orang lain agar tidak bermain-main dengan narkoba, " ujar Dr Suharjono, Ketua PT BNA, ketika menerima kunjungan silaturahmi rekan media di Ruang Kerja Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh, Selasa (17/1/2023)


Melengkapi pernyataan KPT, Humas PT BNA meminta kepada rekan wartawan agar tidak mencantumkan nama-nama hakim yang menyidangkan perkara narkoba, baik hakim pada Pengadilan Negeri maupun Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi.


"Mohon rekan-rekan maklum, demi keamanan dan kenyamanan para hakim, mohon nama-nama para hakim tidak diberitakan. Hal ini penting karena kejahatan narkoba dilakukan oleh jejaring sindikat yang dapat membahayakan keselamatan hakim, " ujar Dr Taqwaddin, Hakim Tinggi Ad Hoc Tipikor yang mendapat tugas tambahan sebagai Humas PT Banda Aceh.


Red

Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+