UPTD Saree Fokus Gunakan Inseminasi Buatan Budidaya Sapi Aceh

Selasa, 11 April 2023, April 11, 2023 WIB Last Updated 2023-04-13T09:21:17Z

 

 

 https://www.youtube.com/shorts/B9rAxSJwGo8


Seorang Mahasiswi Co As Dari Fakultas Kedokteran Hewan
Unsyiah Sedang Memandikan
                     Sapi Didalam Kandang

 

Banda Aceh -  Dinas Peternakan Aceh kini sedang  memiliki semangat tinggi untuk meningkatkan populasi sapi di Aceh. Paling tidak mereka punya 320 sapi di kandang UPTD Saree yang siap dikembangkan biakkan dengan Inseminasi Buatan.

 

"UPTD Saree memiliki lahan seluas 19 Hektar yang cukup untuk menggembalakan 200-300 ekor sapi, " kata Kepala UPTD Saree Hendra Saputra, pada Senin (10/04). Dia menjelaskan juga tentang program inseminasi buatan yang kini menjadi prioritas budidaya sapi di Aceh.

 

Lelaki lulusan S-3 Kedokteran Hewan dari sebuah Universitas di Thailand itu mengatakan, UPTD Saree selain menjadi tempat pengembang biakan sapi, juga menjadi tempat edukasi untuk mahasiswa kedokteran hewan dan masyarakat.

 

“Kita memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana melakukan budidaya sapi yang benar, " ujarnya.

 

https://www.youtube.com/shorts/nsB2ngqCLa0

Sekolah Kader Peternakan UPTD Saree

UPTD Saree ini juga memiliki sekolah peternakan dengan rentang waktu belajar selama tujuh bulan, ungkap Kepala Sekolahnya drh. Muslina. Di sini mereka dididik tentang ilmu peternakan sekaligus praktiknya, " kata Muslina sambil memperlihatkan beberapa foto kegiatan siswa yang digambar di dinding sekolah.

 

Dari hasil inseminasi buatan kata Hendra, dikandang mereka kini memiliki 56 ekor anak sapi, yang lahir dari 320 induk. Berasal dari berbagai jenis sapi seperti sapi berangus, sapi PO, sapi Limousine,  dan Simental.

 

Ditambahkannya, rata-rata sapi yang dibudidaya dikandang UPTD mengalami peningkatan daging mencapai 0,7 kg - 1,2 kg/hari. " Selain memberi pakan rumput juga diberikan konsentrat setiap hari, " sebut Hendra.

 

Sapi hasil budidaya UPTD Saree  juga dijual kepada masyarakat yang ingin melakukan budidaya sapi. Umumnya ketika anak sapi  berusia delapan bulan,  sudah cukup umur untuk dijual. Mereka  juga menjual sapi-sapi yang tidak produktif lagi, papar Kepala UPTD Saree Hendra Saputra.

 

UPTD Miliki Tiga Sapi Perah

Dari sekian ratus ekor sapi ternyata UPTD Saree juga miliki tiga ekor sapi perah, yang telah mampu berproduksi susu segar 8-10 liter/hari. Rencananya tahun depan Dinas Peternakan Aceh akan menambah menjadi 10 ekor sapi perah, untuk menjadi bahan edukasi kepada masyarakat, demikian  kata Hendra Saputra.

 

Tarmizi Alhagu.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+