Ikaderi Aceh dan SMKN 2 Jalin Kerjasama Pengembangan Dunia Usaha

Rabu, 26 Juli 2023, Juli 26, 2023 WIB Last Updated 2023-07-26T08:30:42Z


Banda Aceh - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Banda Aceh melaksanakan penandatanganan dalam hal pengembangan dunia kerja dengan beberapa pelaku dunia usaha, dalam naungan Kamar Dagang Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Aceh, pada Rabu 26 Juli 2023 di Banda Aceh.


Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Banda Aceh, Baihaqi,  mengatakan pelaksanaan melibatkan 9 perusahaan dan 1 asosiasi perumahan Ikaderi, tujuannya untuk bisa membantu dalam kerja praktek dan bisa membuka peluang bagi lulusan siswa-siswi.


Kadin Indonesia Provinsi Aceh diwakili oleh Teuku Jailani (Joy) Bidang Sertifikasi dan Advokasi menjelaskan bentuk kerjasama ini sangat penting karena ini termasuk program dari Kadin, karena kondisi saat ini sangat perlu untuk terbukanya peluang kerja bagi tamatan SMK untuk bekerja.


"Apalagi dunia kerja sekarang tantangannya besar dan peluang sangat kecil, dengan kerjasama ini bisa menjawab kebutuhan sesuai kualifikasi dari tamatan nantinya, " ujarnya.


Dengan adanya kerjasama ini para siswa bisa meningkatkan kompetensinya, memberi peluang dapat diterima di dunia kerja melalui magang dan informasi pekerjaan, lanjutnya.




Sementara itu, Ketua Komite SMKN 2 Abdurrauf, ST, MM mengatakan anak-anak yang telah dididik sesuai dengan ilmu pengetahuan yang mereka miliki dibagi ke dunia industri sesuai keahlian mereka masing-masing.


"Ketika tiba di dunia industri mereka melakukan pengabdian maka ilmu semakin bertambah dalam aplikasi lebih nyata. Harapannya mereka dapat menimba ilmu di sana dana mereka dapat mengaplikasikan ilmunya ke dalam dunia kerja. Atau melatih untuk membuka peluang kerja untuk orang lain, membuka usaha dengan ilmu yang mereka miliki.


Ditambahkannya, bagi dunia pengembang perumahan mereka bisa menjadi kepala tukang, pengawas dan pengalaman yang ada bisa meningkatkan skill untuk membangun rumah dengan kualitas terjamin.


M. Nazar, ST selaku Ketua Dewan Pengurus Daerah Ikaderi Provinsi Aceh mengatakan, kerjasama ini bisa membantu para pengembang dalam pelaksanaan pembangunan perumahan untuk meningkatkan kualitas dari bangunan, yang menjadi salah satu kewajiban bagi pengembang.


Afwal Winardy, MT selaku Ketua Bidang Organisasi Dewan Pengurus Pusat Ikaderi, juga menyampaikan bahwa program yang dilaksanakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Banda Aceh merupakan salah satu terobosan dalam penyediaan tenaga teknik untuk pembangunan perumahan.


"Kami harapkan bisa juga memperkenalkan dunia usaha properti bagi generasi Z tentang properti dan pendalaman dunia usaha ini, sehingga menjadi tantangan kebutuhan dunia kerja, " ujarnya.


Red


Komentar

Tampilkan

Terkini