Aceh Miliki Produksi 300 Ribu Ton Jagung Setahun

Selasa, 05 September 2023, September 05, 2023 WIB Last Updated 2023-09-09T05:22:30Z

 

Kabid Tanaman Pangan Distanbun Aceh  Safrizal SP, M.PA

 

Banda Aceh - Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh sambut baik tekad Dinas Peternakan Aceh untuk membuat pabrik pakan ayam, demikian disampaikan Kabid Tanaman Pangan Distanbun Aceh  Safrizal SP,M.PA, pada Senin (04/09) di Banda Aceh.

 

Safrizal menyebut, Aceh memiliki produksi jagung 300 ribu ton pada tahun 2022. Semua produksi itu terserap pasar Sumatera Utara, yang dihasilkan oleh petani di Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Utara dan berbagai kabupaten lainnya.

 

Jagung dikatakan Safrizal merupakan tanaman pangan kedua setelah padi, dengan jumlah lahan budidaya 60 ribu hektar seluruh Aceh. Sementara Aceh Tenggara melakukan budidaya terbesar mencapai 12 ribu hektar.

 

Petani Aceh dikatakan  Safrizal  sudah mampu memproduksi  jagung dengan kadar air 15 persen, pada harga Rp.5000-Rp.5300/kg,  dalam bentuk pipilan pecah lima. Kini  petani telah miliki alat yang dibantu Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh untuk pengolahan hasil panen, kata dia.

 

Bila Dinas Peternakan Aceh memang membutuhkan jagung, Safrizal mengatakan, mereka akan melakukan pembelian pada petani, “Kan jumlahnya tidak banyak, kalau sudah ada pabrik, baru kita siapkan produksi jagung, itu bisa kita tangani.”

 

Peningkatan produksi jagung di Aceh mengalami peningkatan pada tahun 2018, hasil panen petani semua sudah tertampung, umumnya untuk pasar Sumatera Utara, demikian ujar Safrizal.

 

Tarmizi Alhagu.

Komentar

Tampilkan

Terkini