Aspembas Gaet Perbankan Hidupkan Bisnis Mobil Bekas Dari Kelesuan

Minggu, 19 November 2023, November 19, 2023 WIB Last Updated 2023-11-20T12:30:27Z

 


 

 

Banda Aceh - Ratusan orang berkumpul di bawah sebuah tenda, tepat di deretan toko penjualan mobil bekas di Jalan Mr Muhammad Hasan, Minggu pagi (19/11), di Batoh Banda Aceh.

 

Para pria yang mayoritas berbadan gempal itu ternyata sedang merayakan maulid Nabi Muhammad SAW. Momen  langka itu menjadi pusat perhatian para pelintas di jalan depan terminal Batoh,  karena kerumunan orang dengan jumlah yang tidak biasa itu menjadi pertanyaan.

 

Minggu pagi itu ternyata  Asosiasi Penjual Mobil Bekas (Aspembas) bersama ratusan pebisnis,  yang bergabung dalam asosiasi itu merayakan maulid tepat di depan toko yang menjadi Showroom mereka, demikian dikatakan oleh Ketua Umum Aspembas Zainal Abidin.

 

Dikatakan  Zainal, mereka juga sudah bekerja sama dengan pihak perbankan.  “Hari ini kita juga sudah punya hubungan, dalam hal pembiayaan dengan BSI,  dan juga telah punya rekanan dengan Mandiri Finance, sebagai lembaga pembiayaan,  yang membiayai bidang otomotif, dengan memberi kredit leasing-nya, " jelasnya.

 

"Maka pada hari ini kami mengucapkan terimakasih kepada BSI yang sudah terbentuk di Aceh dan juga kepada Mandiri Finance,  karena sudah lama mensupport kami dalam hal pembiayaan.  Mudah- mudahan pada hari ini tidak putus,  tetapi kalau bisa terus berkesinambungan membantu kami sampai kapanpun, " ujar Zainal Abidin.

 



Dijelaskan, Asosiasi Aspembas dibentuk untuk pelaku usaha dibidang otomotif mobil bekas.  "Kami membentuk asosiasi yang kami berinama Asosiasi Penjual Mobil Bekas Banda Aceh - Aceh Besar, bernama  Aspembas, " ucapnya.  

 

"Aspembas berupaya supaya semuanya terkoordinir dengan baik antara agen dengan show room. Itu harus bekerja sama, kemudian sama- sama melakukan jual beli mobil bekas,  agar semuanya lebih terarah," ujarnya lagi.

 

Lebih lanjut Zainal mengatakan dalam pembiayaan mereka meminta bantuan permodalan , khusus pada hari ini dengan BSI, kemudian untuk membeli mobil ketika tidak punya uang  yang mencukupi untuk membeli, maka  meminta bantuan Mandiri Finance.

 

Ditanya soal penjualan mobil bekas saat ini, Zainal mengatakan sudah semenjak tiga bulan kebelakang penjualan mobil bekas lesu, ini disebabkan karena ekonomi di Aceh tidak berputar. “Maka kami hari ini mengalami sedikit kewalahan,  dan sebentar lagi memasuki tahun 2024,  kita berharap penjualan mobil bekas bisa lancar kembali, " harapnya.

 

Sementara itu, Hendri Satriawan Area Manajer Segmen SME BSI  Banda Aceh, mengatakan  BSI mengucapkan terimakasih, karena bisa hadir pada acara maulid akbar yang di gelar oleh Aspembas,  mengatakan  BSI pasti terus mendukung kegiatan yang sudah diinisiasi oleh Aspembas,  dengan harapan bahwa masyarakat bisa dilayani dari sektor pembiayaan.

 

“Terutama teman- teman yang sudah terafiliasi dengan Aspembas , kita ketahui saat ini kondisi ekonomi memang tidak sedang baik baik saja. Tentu BSI melihat kondisi tersebut sehingga ke depan BSI akan lebih urgen,  didalam pembiayaan disektor  mobil bekas dengan adanya asosiasi ini, " lanjutnya.

 

Sedangkan Martin Ginting Area marketing Sumatra Mandiri Finance mengatakan, dengan adanya Asosiasi ini, Mandiri Finance bisa turut membantu membesarkan bisnis mobil bekas,  yang ada di Banda Aceh secara keseluruhan,  juga bisa membantu ekonomi rakyat karena dari segi pembiayaan itu kami bisa membiayai motor, mobil, terlebih lebih mobil bekas.

 

Tarmizi Alhagu

Komentar

Tampilkan

Terkini