Ruas Jalan Tol Sibanceh Ditargetkan Rampung Agustus 2024

Minggu, 24 Maret 2024, Maret 24, 2024 WIB Last Updated 2024-03-26T04:53:31Z


Banda Aceh – Demi suksesnya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh - Sumut yang akan dilaksanakan pada Bulan September mendatang, Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah melakukan kunjungan untuk meninjau perkembangan pembangunan Jalan Tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) bersama para SKPA terkait dan juga pihak PT Hutama Karya pada Sabtu (23/03/2024).


Sebelumnya, pada Jumat (22/03) telah dilakukan audiensi bersama tim subdit Pengadaan Tanah Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR di Kantor Gubernur Aceh. Dalam kesempatan itu juga Bustami menyerahkan dokumen yang disiapkan oleh Pemerintah Aceh terkait penetapan lokasi (penlok) pembaharuan untuk ruas Jalan Tol Binjai - Langsa yang saat ini masih menyisakan 3 kilometer lagi dari total 44 kilometer.


Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh, T. Robby Irza yang turut mendampingi Pj Gubernur Aceh melaporkan, saat di lokasi Pj Gubernur Aceh berdialog bersama salah satu warga di Gampong Kuta Baro. Diskusi keduanya membahas mengenai pembebasan lahan untuk percepatan pembangunan Jalan Tol Sibanceh. Saat ini progress pembangunan Jalan Tol Sibanceh sudah mencapai 99% yang hanya menyisakan 37 bidang yang tersebar di Seksi I Padang Tiji - Seulimum.


"Mari sama-sama kita membangun kesadaran diri bahwa pembangunan jalan tol ini penting bagi Aceh dan bagi generasi mendatang. Sebagaimana yang disampaikan oleh Pj Gubernur Aceh, bahwa pembangunan jalan tol ini penting, tentunya proses ganti untung tentu harus memenuhi unsur kepatutan dan layak. Pj Gubernur Aceh juga menghimbau kepada masyarakat agar menyadari pentingnya pembangunan Jalan Tol ini bagi kemudahan akses kita bersama dan untuk generasi mendatang, " ujar Robby.


Menindaklanjuti pertemuan pada hari Jumat bersama Tim Subdit Pengadaan Tanah Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR, selain menyerahkan dokumen penlok pembaharuan Jalan Tol Binjai – Langsa, juga menyerahkan dokumen penlok pengadaan tanah penambahan untuk pembangunan Jalan Tol Sibanceh Tahun 2024.


Robby juga melaporkan Pemerintah Aceh optimis, dengan adanya kolaborasi dari lintas sektor terkait, Tol Sibanceh akan rampung sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Tentunya, hal tersebut akan sangat membantu dalam mendukung dan semakin mempermudah alur transportasi pada gelaran PON XXI mendatang, apalagi akan diresmikan langsung oleh Bapak Presiden.


Di akhir kunjungan tersebut pihak Hutama Karya selaku pelaksana pembangunan Jalan Tol mengapresiasi gerak cepat yang dilakukan Pj Gubernur Aceh serta SKPA terkait, yang langsung terjun ke lokasi pasca pertemuan yang dilaksanakan sebelumnya. Dengan demikian, pihaknya juga akan memacu pembangunan jalan tol tersebut guna penyelesaian pembangunan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.


Red

Komentar

Tampilkan

Terkini