Ads (728x90)


HM, Banda Aceh - Persatuan ahli farmasi Indonesia (Pafi) Provinsi Aceh Tahun 2017 mengadakan Seminar Nasional Kefarmasian dengan tema “Peran Serta Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) Dalam Menyukseskan JKA Plus Menuju Aceh Sejahtera yang berlangsung di Hotel Grand Aceh Syariah di Banda Aceh pada Sabtu (23/12). Acara ini juga dirangkai dengan pelantikan Pengurus Cabang Pafi seluruh Kabupaten/Kota di Aceh.  

Pengurus Pafi Pusat Budi Janu Purwanto menjelaskan tujuannya agar terbentuk persatuan ahli farmasi Indonesia daerah, yakni ditingkat provinsi dan kabupaten / kota. Di Provinsi Aceh ada 23 kabupaten/kota, semua dilantik sebagai pengurus cabang Pafi ujar Budi yang juga Alumnus Farmasi Poltekes Jakarta.

            Ditambahkannya, pada acara seminar farmasi banyak yang dibahas, seperti tentang teknis sertifikasi tenaga farmasi, dan perlindungan hukum tenaga farmasi dalam praktik kefarmasian. Secara hukum membantu apoteker dalam praktek seminar tuturnya.

“Ikut seminar dalam rangka menambah ilmu pengetahuan dan juga persyaratan untuk resertifikasi kompetensi yang sudah kadaluwarsa karena berlaku hanya 5 tahun. Untuk praktek harus sudah punya, tidak boleh praktek tanpa sertifikat, “ katanya.



            Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah Pafi Aceh Azhari Safrizal mengatakan diadakan seminar ini sebagai salah satu tujuan untuk memperbaharui pengetahuan anggota dari daerah. Peserta yang berasal dari seluruh Aceh bisa terakomodir, sehingga bisa sebagai ladang untuk belajar juga, tidak harus dari bangku kuliah, ujarnya.

Lebih lanjut Azhari menjelaskan seminar diikuti peserta sekitar 350 orang dari 23 kabupaten / kota seluruh Aceh, terdiri dari pengurus dan anggota. Narasumber ada yang berasal dari Pafi Pusat, Balai POM dan Dinas Kesehatan. Dia juga mengungkapkan peran serta kefarmasian dalam ikut serta program gubernur JKA plus yang akan memberikan peningkatan pelayanan farmasi.  “Program untuk konsolidasi seluruh daerah dan pengembangan di daerah dan di cabang, semoga kawan-kawan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, “ pungkasnya. (Soraya)


Posting Komentar