Ads (728x90)

HM, Banda Aceh - Toko Buku Gramedia yang merupakan jaringan penerbitan terbesar di Indonesia melakukan grand opening di Jalan T Panglima Nyak Makam, Banda Aceh pada Rabu (20/12). Tampak masyarakat Banda Aceh antusias menyaksikan, dan melihat koleksi buku-buku di toko mewah 2 lantai tersebut. 

Store Manager Publisher Gramedia Pusat, Hari Darmawan menjelaskan bahwa hadirnya Toko Buku Gramedia sudah lama direncanakan. Maka ketika diberikan kesempatan masuk pada tahun 2015, pihaknya melakukan pembangunan pada bulan Februari 2017 hingga selesai membutuhkan waktu 8 bulan urainya.

“Sebenarnya sudah lama punya cita-cita Gramedia bisa berperan di Aceh. Potensi di Aceh luar biasa, antusiasme orang untuk membaca luar biasa. Selama ini mereka mencari buku di Jakarta dan Medan, maka Gramedia mendekatkan diri untuk langsung hadir di Aceh, “ tutur Hari yang langsung datang dari Jakarta.




Lebih lanjut dia mengatakan Gramedia menyediakan 12 ribu judul buku baru yang sudah bestseller di kota-kota lain. Setiap bulan ada penambahan 1200 judul baru. Toko yang  di Banda Aceh hadir dengan konsep baru, dengan koleksi buku dan stationery. Untuk produk non buku ada 9000 item produk. Gramedia juga memperkerjakan 96 % karyawan dari Aceh, demikian urai Hari.

Menurutnya Gramedia dari dulu konsisten hadir dimana saja untuk berbagi pengetahuan khusus tentang konten buku, e-library. Koleksi buku Gramedia terlengkap saat ini. Ketika ditanya bagaimana strategi menghadapi media digital, “Strategi khusus untuk menghadapi media digital kita tidak bisa melawan kehadiran teknologi, justru kita gandeng. Buku-buku juga akan hadir secara digital, segmen di seluruh Indonesia berbeda. Ada yang perlu buku digital dan ada yang perlu buku cetak,” jawabnya.

Dia menilai untuk buku online hanya sekedar bisa mendownload. Namun dengan adanya acara talk show seperti saat itu yang menghadirkan penulis buku Kang Maman, bisa melakukan interaksi langsung. Targetnya, dia berharap dapat diterima masyarakat Aceh menjadi tempat favorit untuk meningkatkan budaya dan minat baca.

            Sementara itu Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, menyambut hangat hadirnya Toko Buku Gramedia di Banda Aceh. Menurutnya masyarakat Aceh memiliki antusiasme baca yang tinggi, hanya saja selama ini sarana dan prasarananya yang kurang (Soraya).



Posting Komentar