Iklan

BI Aceh Gelar Launching dan Penukaran GPN

Minggu, 21 Oktober 2018, Oktober 21, 2018 WIB Last Updated 2018-10-21T14:50:53Z

Banda Aceh-Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Aceh bersama Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BPMD) Aceh menyelenggarakan kegiatan Launching dan Penukaran Kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Blang Padang, Banda Aceh pada Minggu, 21 Oktober 2018.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan jalan sehat dan lomba mewarnai. Di samping itu juga ada pameran sejumlah booth perbankan untuk penukaran kartu GPN perbankan, dan pembukaan booth UKM binaan pe rbankan, serta kampanye dan edukasi GPN kepada masyarakat.

Selain itu BI juga mengadakan pekan edukasi dan penukaran kartu GPN di Suzuya Mall pada tanggal 27-28 Oktober 2018 mendatang. Tujuannya untuk membuka kesempatan bagi masyarakat yang belum memiliki kesempatan untuk menukarkan kartunya.

Ditemui media ini, Kepala Perwakilan BI Aceh Zainal Arifin Lubis, menjelaskan GPN adalah sistem yang menghubungkan berbagai pembayaran elektronik atau transaksi non tunai pada instrumen bank dalam satu sistem pembayaran.

Lebih lanjut, dia mengatakan tujuan launching ialah pertama, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan stakeholder di Aceh tentang perlunya menggunakan kartu debit berlogo GPN, manfaatnya bagi masyarakat adalah penghematan, tidak perlu lagi ada pembayaran ke luar negeri sehubungan penggunaan logo internasional.

“Kedua untuk memudahkan masyarakat menggunakan kartu kredit, satu kartu debit saja bisa digunakan di EDC/ATM biasa yang ada di outlet atau merchant satu untuk semua bank, jadi untuk efisiensi. Ketiga terkait privasi data, data pemegang kartu ini yang ada logo internasional maka itu akan tercatat di luar negeri.

Kalau dengan GPN ini banyak manfaatnya, secara nasional akan menghemat devisa, “ demikian paparnya.

Soraya
Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+