Iklan

Sensasi Terowongan Bawah Laut Norwegia

Sabtu, 27 Oktober 2018, Oktober 27, 2018 WIB Last Updated 2018-10-27T10:24:51Z

Norwegia-Bila  setiap kita bepergian  biasanya melewati jalanan umum, dari jalan desa, jalan kota, hingga jalan sekelas Highway, itu adalah hal lumrah bagi setiap pengemudi kenderaan.

Dan kalaupun bepergian dari satu pulau ke pulau yang lain, kita pasti menumpangi kapal penyeberangan ataupun naik pesawat terbang.

Nah......! terbayang tidak, bila suatu ketika saat bepergian, tidak menemukan kapal laut atau pesawat terbang, lalu kita harus sampai kepulau seberang, jembatanpun tak ada, karena jaraknya berpuluh-puluh kilo meter.

Persoalan seperti itu kini tidak terjadi lagi di negara Norwegia, pemerintah mereka membangun banyak sekali terowongan bawah laut, yang bisa menghubungkan dari satu pulau kepulau lainnya.

Mereka membuat terowongan dari yang berjarak  dibawah 10 kilo meter hingga diatas 50 kilo meter.

Norwegia adalah sebuah negara yang memiliki banyak sekali pulau-pulau yang bertebaran sepanjang garis pantai, terkadang dari satu kota ke kota lainnya, harus melintasi beberapa pulau.

Lalu bagaimana rasanya melintasi sebuah terowongan yang berada dibawah laut?, seramkah?........., tentu saja seram, karena terkadang terowongan itu panjangnya berpuluh kilo meter, apalagi berada dibawah laut sudah pasti pasokan oksigen terputus, atau kenderaan kita mogok, so pasti nyawa kita terancam.

Tapi semua itu ternyata hanya ketakutan semata, sepanjang terowongan ternyata telah disediakan kotak telpon yang berada disisi dinding, yang bisa digunakan oleh para pengemudi dalam keadaan darurat untuk memanggil pertolongan.

Didalam terowongan juga tersedia peralatan-peralatan darurat yang diletakkan disepanjang dinding.

Oh.....ya, didalam terowongan, setelah kenderaan melintasi jauh kebawah laut, alat navigasi satelit tidak bekerja lagi, jadi jangan heran bila sewaktu-.waktu google Maaps saudara terputus, itu hal wajar, satelit tak mampu menjangkau aktivitas dibawah tanah tersebut.

Kehatian-hatian jangan ditinggalkan bila berada dalam terowongan, karena bila sekali salah ambil jalan, tak ada jalan untuk kembali, anda akan tersesat kewilayah lain diluar tujuan anda.

Itu disebabkan ada terowongan dinegara Skandinavia  memiliki jalan yang bercabang, jadi jangan sampai salah pilih, lihatlah petunjuk yang ditulis tergantung dibawah langit terowongan.

Mendekati pintu keluar terowongan, alat navigasi satelit dimobil anda akan terlihat kembali, itu menunjukkan pulau yang dituju telah sampai. Norwegia juga membangun banyak sekali terowongan yang berada didaratan, biasanya didalam kota, dan dibelahan bukit yang tinggi, untuk memudahkan transportasi warga mereka.


Tarmizi Alhagu.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+