Iklan

Pemerintah Aceh Komitmen Perkuat Pendidikan Islam Untuk Generasi Muda

Rabu, 11 September 2019, September 11, 2019 WIB Last Updated 2019-09-11T08:57:19Z


Banda Aceh- Pemerintah Aceh berkomitmen untuk terus memperkuat pengetahuan agama Islam dalam bidang pendidikan di Aceh, mulai dari tingkatan Sekolah Dasar (SD) sampai dengan tingkatan Sekolah Menengah Atas (SMA). Pengetahuan tersebut guna mewujudkan generasi muda Aceh yang cerdas, beriman dan bertaqwa.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Keistimewaan, Hubungan Kerjasama dan SDM, Darmansyah, saat membuka Pekan Ketrampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI)  IV Tingkat Provinsi Tahun 2019, di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Selasa (10/9) malam.

Demi mewujudkan penguatan nilai agama bagi peserta didik, kata Darmansyah, pemerintah Aceh bersama dengan Kantor Wilayah Kementrian Agama Aceh menggelar serangkaian kegiatan, salah satunya Pekan Ketrampilan dan seni Pendidikan Agama Islam. Kegiatan tersebut diperuntukkan bagi kalangan peserta didik dari tingkat SD sampai SMA.

"Di ajang ini, anak-anak kita akan dirangsang untuk memperdalam pengetahuan agama melalui persaingan cukup ketat. Mereka akan didorong meningkatkan intelektual, emosional, spiritual dan sosial, sehingga lebih kompetitif dan cerdas," ujar Darmansyah.

Menurut Staf Ahli Gubernur itu, kegiatan tersebut merupakan wadah bagi generasi muda Aceh dalam mengembangkan kemampuan dan daya kreasi di bidang ilmu agama.

"Yang terbaik dalam ajang ini, selain mendapat hadiah khusus dari pemerintah Aceh, juga akan terpilih mewakili Aceh pada PENTAS PAI Nasional yang berlangsung Oktober mendatang di Makassar, Sulawesi Selatan," kata Darmansyah.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Aceh, Muhammad Daud Pakeh mengatakan generasi milenial merupakan generasi yang aktif dan kreatif, salah satunya dalam hal teknologi informasi. Hal tersebut, kata dia, adalah potensi sekaligus menjadi tantangan dalam mendidik generasi muda Aceh saat ini.

Agar kemajuan teknologi itu tidak salah digunakan generasi milenial, kata Daud, pemerintah Aceh bersama dengan Kanwil Kementrian agama terus berkolaborasi untuk meningkatkan nilai Islam dalam pendidikan Aceh. Salah satu cara meningkatkan nilai Islam bagi peserta didik, pemerintah Aceh kini telah mengeluarkan kebijakan untuk menerapkan kurikulum pendidikan Islam untuk seluruh jenjang pendidikan. Mulai dari SD sampai dengan SMA.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) IV, Taharuddin, mengatakan kegiatan tersebut digelar sejak tanggal 9 - 15 September 2019.

Kegiatan tersebut diikuti 677 siswa/siswi SD, SMP dan SMA serta 184 pendamping dari seluruh kabupaten dan kota di Aceh. 

Adapun cabang perlombaan pada Pentas PAI tingkat provinsi Aceh tahun 2019 ada 8 jenis lomba untuk tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. Kedelapan cabang lomba tersebut yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), lomba Pidato PAI (LP-PAI), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), lomba Cerdas Cermat PAI (LCC-PAI), lomba Kaligrafi Islam (LKI), lomba Seni Nasyid (LSN), lomba Debat PAI (LD-PAI) dan lomba Kreasi Busana (LKB).

Red
Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+