Ads (728x90)




Banda Aceh-Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh mengadakan Aceh Agro Expo 2019 selama 3 hari, sejak 15-17 November 2019 di Lapangan Blang Padang Banda Aceh. Acara dibuka secara resmi oleh Plt Gubernur yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Bukhari pada Jumat (15/11) sore.

Agro Expo tersebut menampilkan sejumlah produksi hasil pertanian yang berasal dari seluruh Aceh, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, juga aneka produk olahan pertanian seperti bubuk kunyit, produk kuliner, teh herbal dan lain sebagainya. Ajang ini juga diramaikan dengan bazaar kuliner, produk peternakan, perikanan dan hasil tani.

Kepala Distanbun Aceh A Hanan SP MM mengatakan tujuan kegiatan untuk memperkenalkan hasil pertanian dan mempertemukan para petani dengan pasar, juga memamerkan produk hortikultura dan buah-buahan dari seluruh Aceh, Selain itu, dalam kegiatan ini dilakukan pelepasan magang para petani milenial ke Thailand.

 “Kita ingin mempublikasikan sekaligus menggalakkan konsumsi buah-buahan lokal kepada masyarakat. Bazaar tani sebgai upaya menjaga kestabilan inflasi dan memotong mata rantai pasok dari petani ke pasar, “ urainya.

Ditambahkannya, pada kegiatan ini dilaksanakan juga Rembung Utama KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) dengan tujuan melahirkan kebijakan pertanian ke depan, juga membahas persiapan Penas (Pekan Nasional) di Padang 2020 mendatang, dan menggelar lomba asah terampil petani dan nelayan untuk diseleksi.



“Kita juga mulai mengekspor beberapa komoditi seperti baru-baru ini CPO lanesung dari palabuhan di Aceh tidak lagi melalui Medan. Ke depan juga akan mengekspor Kopi Arabika sehingga bisa memberi nilai tambah, dan nilai ekonomi untuk Aceh, “ jelas Hanan.

Sementara itu, Luki dari Tosca Event Organizer mengatakan tidak menemukan kendala berarti saat mempersiapakan even Aceh Agro Expo yang baru pertama diselenggarakan ini, selain itu konsep acara didesain semenarik mungkin, selain ada expo pertanian, juga ada stand aneka kuliner dan panggung hiburan yang menampilkan talent-talent seni lokal.

“Mungkin yang kita khawatirkan jika turun hujan. Kita berharap acara ini dapat berjalan sukses dan mendapat sambutan masyarakat dengan beramai-ramai mengunjungi sejumlah stand yang menampilkan aneka produk pertanian, “ ujarnya.

Soraya

Posting Komentar